Guna Sukseskan Rekor Muri, Kodam Pattimura Tanam 2.000 Bibit Mangrove

Share:

Penanaman bibit mangrove di pesisir Pantai Halong, Kota Ambon.

satumalukuID - Komando Daerah Militer (Kodam) XVI Pattimura menanam sebanyak 2.000 bibit pohon mangrove guna mendukung program Indonesia Hijau sekaligus menyukseskan rekor Muri dalam penanaman mangrove nasional secara serentak.

"Mari kita dukung Indonesia hijau, penanaman Mangrove berskala nasional ini," ujar Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa melalui keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Maluku, Selasa (16/5/2023).

Penyerahan rekor Muri dalam bidang penanaman mangrove nasional secara serentak oleh jajaran TNI seluruh Indonesia tersebut diberikan oleh Ketua Muri kepada Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Program Indonesia hijau dengan penanaman mangrove tersebut dilakukan di seluruh Indonesia dengan melibatkan TNI dan masyarakat.

Di Kota Ambon, Maluku, kegiatan dilaksanakan di Lantamal IX/Ambon, Halong, yang diikuti oleh Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa dan Forkopimda Maluku.

Kegiatan bertema "Mangrove For Better Life" itu menanam sebanyak 2.000 bibit pohon mangrove di pesisir Pantai Halong, wilayah Teluk Ambon Baguala.

"Kegiatan tanam pohon mangrove ini merupakan bentuk aksi nyata dari program kerja Presiden Indonesia yaitu Indonesia Hijau," ucap Pangdam.

Pangdam berharap penanaman 2.000 anakan mangrove tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat di masa yang akan datang.

”Penanaman 2.000 pohon mangrove ini, diharapkan dapat berperan dalam mencegah erosi dan abrasi pantai serta melestarikan biota-biota laut yang ada di sekitar kita," katanya.

Sementara itu, jenis mangrove yang mendominasi di kawasan Teluk Ambon adalah Rhisophora apiculata, Soneratia alba, Avicenia marina, Excoecaria agallocha, Nypa fruticans dan Hibiscus tiliaceaus, dan tersebar merata di kawasan pesisir Desa Tawiri, Poka, Waiheru, Kecamatan Teluk Ambon, dan Desa Passo, Halong dan Lateri, Kecamatan Baguala.

Sebelumnya, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Ambon telah mencatat luas mangrove di wilayah itu tersisa 33 hektare dan dalam dua dekade terakhir mengalami pengurangan hingga 10 hektare.

Diharapkan dengan penanaman 2.000 bibit mangrove oleh Kodam XVI Pattimura tersebut dapat memperbaiki dan memperluas area mangrove di kawasan Teluk Ambon. (Ode Dedy Lion Abdul Azis/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini