Ditpolairud Maluku Intensif Cek Dokumen Kapal Antisipasi Pelanggaran

Share:

 

Personel Ditpolairud Polda Maluku saat menyambangi kapal motor di perairan Maluku, Rabu (10/5/2023).
Photo: HO-Polda Maluku/ant

satumalukuID - Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Maluku secara intensif melaksanakan patroli dan mengecek dokumen kapal motor (KM) sebagai upaya mengantisipasi pelanggaran di perairan Maluku.

"Patroli rutin tersebut dilaksanakan sebagai tindak pencegahan pelanggaran kapal yang berlayar dan juga sebagai aksi nyata dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dengan harapan perairan Maluku ini menjadi aman,” kata Dirpolairud Polda Maluku Kombes Pol. Handoyo Santoso, di Ambon, Rabu (10/5/2023).

Ia menambahkan kegiatan patroli rutin itu dilakukan oleh personel Kapal Patroli (KP).XVI-1010 di sekitar perairan Pulau Haruku Desa Pelauw dan Pelabuhan Tehoku Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Handoyo menjelaskan bahwa kegiatan serupa dilaksanakan di seluruh kawasan yang ada di Maluku, sehingga pelayanan kepolisian akan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat yang berada di daerah yang tidak memiliki akses darat.

"Kami akan terus meningkatkan dan memasifkan kegiatan patroli perairan serta kegiatan kepolisian lainnya, sehingga perairan di wilayah hukum Polda Maluku menjadi aman dan damai,” ujarnya.

Ia juga mengimbau pengemudi kapal motor di perairan Maluku agar tetap waspada untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami juga mengimbau agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban di perairan. Hindari hal-hal yang dapat melanggar hukum,” ujarnya.

Selain itu Handoyo juga memberi pesan kepada anak buah kapal (ABK) untuk memperhatikan alat keselamatan berlayar seperti ring buoy (cincin pelampung) dan life jaket (jaket pelampung).

“Kami harap ABK kapal motor juga selalu memperhatikan kondisi cuaca pada saat berlayar,” ucap Handoyo. (Winda Herman/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini