353 Calon Haji Kota Ambon Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Share:

Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Ambon menjalani pemeriksaan kesehatan di empat Puskesmas di Kota Ambon sebagai rangkaian persiapan keberangkatan ibadah haji tahun 1444 Hijriah/2023 M.
Photo: Ho-Dinkes Ambon/ant

satumalukuID - Sebanyak 353 calon haji (JCH) Kota Ambon, Maluku menjalani pemeriksaan kesehatan di empat Puskesmas di Kota Ambon, sebagai rangkaian persiapan keberangkatan ibadah haji tahun 1444 Hijriah/2023 M.

"Hingga hari ini dari jumlah 353 JCH, yang telah menjalani pemeriksaan, sebanyak 191 orang, Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan, antara lain pengukuran tekanan darah, tes urine, cek darah, Rontgen, elektrokardiogram (EKG), pemeriksaan fisik hingga pemeriksaan laboratorium," Kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Ambon, Yusda Tuharea, di Ambon, Rabu (10/5/2023).

Pemeriksaan kesehatan menjadi suatu prosedur yang harus dilewati Jamaah calon haji, sehingga diperlukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kondisi fisik.

Ia menyebutkan, dari jumlah 191 JCH yang telah menjalani pemeriksaan dinyatakan telah memenuhi syarat istitha’ah kesehatan haji.

"Artinya CJH asal yang tanpa bantuan orang lain dan dengan pendampingan, jadi jika ada jamaah yang sakit boleh berangkat tetapi ada pendampingan dalam hal ini dari petugas kesehatan," katanya.

Kepala Kantor Kemenag Kota Ambon, R.A.F. Hasanussi menjelaskan, JCH Ambon melakukan pemeriksaan di empat Puskesmas di Kota Ambon, yakni Waihaong, Rijali, Air Besar dan Puskesmas Poka.

"Kami telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Ambon, dan ditetapkan empat puskesmas akan melayani pemeriksaan terkait kesiapan untuk menaikkan ibadah haji," katanya.

JCH katanya, selain menjalani pemeriksaan kesehatan juga wajib mendapatkan vaksinasi COVID-19 minimal dosis kedua.

"Sedangkan untuk petugas haji wajib vaksinasi COVID-19 booster tiga, selain itu JCH juga harus mendapatkan vaksin meningitis," Katanya. (Penina Fiolana Mayaut/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini