324 Calon Haji Kota Ambon Sudah Lunasi BPIH

Share:


satumalukuID - Sebanyak 324 calon haji Kota Ambon, Maluku telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) hingga 19 Mei 2023 sehingga siap diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah.

"Dengan demikian masih tersisa kurang 20 orang saja sampai hari ini yang belum lunas," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Ambon Fahrul Hasanusi di Ambon, Senin (22/5/2023).

Dia menjelaskan calon haji mendapat perpanjangan waktu untuk pelunasan BPIH hingga 19 Mei 2023.

Akan tetapi, pihaknya berharap, ada perpanjangan waktu sepekan ke depan sehingga mereka yang belum melunasi, bisa membayarnya.

"Saya yakin semua calon haji hasil Kota Ambon bisa melunasi semuanya, mengingat waktu keberangkatan JCH (Jamaah Calon Haji) asal Maluku akan berangkat dari Ambon menuju Embarkasi Makassar (Sulawesi Selatan) pada tanggal 15 Juni 2023, jadi masih ada kesempatan untuk itu," katanya.

Oleh karena itu, Kantor Kemenag Kota Ambon juga mengharapkan para calon haji yang belum melunasi BPIH bisa secepat mungkin membayarkannya karena mereka juga harus melaksanakan manasik seperti yang sudah dilakukan oleh calon haji yang lain.

"Kami mengharapkan kuota atau jatah JCH asal Kota Ambon sebanyak 353 bisa terisi semuanya," katanya.

Kantor Kemenag Kota Ambon setiap Rabu menggelar manasik.

"Jadi kalau JCH yang segera melunasi BPIH bisa langsung bergabung untuk melaksanakan manasik, sebab manasik bukan saja ilmunya tetapi juga kondisi fisik di lapangan nanti," kata dia.

Terkait dengan paspor, katanya, 260 calon haji sudah rampung pengurusannya, tinggal sisanya yang masih terus diusahakan, sebab tahun ini ada pengurusan visa biometrik yang diberlakukan di Arab Saudi.

Untuk pemeriksaan kesehatan, kata dia, sudah dilaksanakan sampai pada pemberian vaksin meningitis yang harus disuntik maupun pemeriksaan kesehatan lainnya di empat puskesmas di Kota Ambon, yaitu Puskesmas Waihaong, Rijali, Baguala, dan Air besar.

Ia berharap, JCH asal Kota Ambon maupun JCH asal Maluku bisa masuk Asrama Haji Maluku di Desa Waiheru pada 13 Juni 2023 dan pada 15 Juni 2023 berangkat menuju Embarkasi Makassar untuk kemudian ke Tanah Suci pada 16 Juni 2023.

JCH asal Kota Ambon ada dalam kelompok terbang 33, akan bergabung dengan JCH asal Kabupaten Buru Selatan, sedangkan untuk Maluku secara keseluruhan tergabung dalam kloter 33, 34, dan 35. (Winda Herman/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini