Warga Batu Merah Ambon Menghias Kampung Jelang Idul Fitri 1444 H

Share:

Warga Batu Merah Kapala Air di Kota Ambon, Provinsi Maluku, menghias kampung menjelang Lebaran.

satumalukuID - Warga Batu Merah Kapala Air di Kota Ambon, Provinsi Maluku, menghias kampung dan membenahi rumah mereka menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Pada Sabtu (15/4/2023), pemuda Batu Merah La Ade menuturkan bahwa warga biasa memasang aneka hiasan untuk memperindah kampung serta membersihkan dan menghias rumah untuk menyambut hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa.

Warga Batu Merah memasang aneka lampu, hiasan berbentuk ketupat, dan pernak-pernik lain untuk memperindah jalanan kampung menjelang akhir Ramadhan.

Mereka juga memasang lengkungan yang dipasangi lampu hias pada pilar jembatan. Para pemuda kampung  memanfaatkan tempat itu untuk berkumpul dan berfoto seusai tarawih.

"Biasanya anak-anak suka kumpul di sini habis shalat tarawih, atau waktu bangunkan sahur," kata Ade.

Warga kampung juga membenahi rumah menjelang Lebaran. Di antara warga ada yang mengecat kembali dinding rumah mereka, membeli furnitur baru, atau sekedar memasang hiasan.

Upaya-upaya tersebut, menurut Amirudin Ode, merupakan wujud suka cita warga Batu Merah Kapala Air menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Batu Merah Kapala Air merupakan perkampungan yang masuk dalam petuanan negeri atau Desa Batu Merah.

Perkampungan yang berada di antara kawasan Kebun Cengkeh dan Karang Panjang di Kota Ambon itu mayoritas penduduknya berasal dari Buton, Sulawesi Tenggara. (Ode Dedy Lion Abdul Azis/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini