Siswa SMAN 11 Ambon Suguhkan Ragam Seni Lukis WPAP di PIK Unpatti

Share:

Nabila dan tim di tenant Wedha Pop Art oleh siswa SMAN 11 Ambon pada Pameran Inovasi Kreatif Unpatti.

satumalukuID - Siswa SMAN 11 Ambon menyuguhkan ragam seni lukisan Wedha Pop Art Portrait (WPAP) pada Pameran Inovasi Kreatif (PIK) di Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku.

"Ini buatan kakak kelas kami yang sebelumnya sudah lulus, dari sekolah bantu pamerkan di Pameran Inovasi Kreatif ini," ujar Ketua kelompok pameran WPAP SMAN 11 Ambon Nabila Najwa Azzahra di Ambon, Sabtu (29/4/2023).

WPAP sendiri adalah karya yang didominasi bidang-bidang datar marak warna dan terdiri atas facet-facet proporsional pada wajah sesuai dengan aslinya namun dengan proses tracing yang ­kreatif, yang tidak tunduk 100 persen pada apa yang dilihat.

Ia melanjutkan seni melukis dengan teknik WPAP sendiri merupakan salah satu bab yang diajarkan pada mata pelajaran seni budaya di sekolahnya.

"Setiap angkatan pasti akan dapat tugas ini, entah tugas akhir atau ujian praktek," kata dia.

Nabila menjelaskan cara membuat lukisan dengan teknik WPAP sendiri menggunakan dua langkah utama, yakni membuat pola dengan Photoshop kemudian saat pola sudah jadi barulah percampuran warna diaplikasikan.

Lukisan WPAP hasil karya siswa SMAN 11 Ambon tersebut menampilkan wajah tokoh-tokoh terkenal Indonesia dan dunia mulai dari Najwa Shihab, Nadiem Makarim, Leonel Messi, hingga Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Sedikitnya ada 70 lukisan WPAP hasil karya siswa SMAN 11 bergambar tokoh terkenal yang dipamerkan dalam pameran inovasi kreatif Unpatti itu.

Nabila mengungkapkan tak jarang para pengunjung pameran terlihat antusias untuk melihat lukisan-lukisan tersebut.

"Respon pengunjung sangat baik. Banyak yang datang dengan temannya lalu saling menebak nama tokoh yang ada di lukisan ini," ungkapnya.

Namun sayang lukisan-lukisan WPAP yang dipamerkan ini merupakan koleksi sekolah yang tidak diperjualbelikan untuk umum.

"Tidak dijual, tapi mungkin kalau dijual harganya bisa mencapai Rp350.000 per lukisan," tandasnya.

WPAP atau Wedha Style ini lahir pada 22 juni 2007 sejak saat itu, gaya Wedha atau label WPAP semakin meluas dan dikenal sebagai terobosan baru dalam cara lukis wajah manusia. (Ode Dedy Lion Abdul Azis/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini