Pemkot dan PHBI Sepakat Shalat Ied Dipusatkan di Stadion Kie Raha

Share:

Lapangan Gelora Kie Raha Ternate, Minggu (9/4/2023).

satumalukuID - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), bersama Panitia Hari Besar Islam (PHBI) menetapkan pelaksanaan Shalat Idul Fitri pada hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah akan dipusatkan di Stadion Gelora Kie Raha Ternate.

Kepala Bagian Kesra Setda Kota Ternate Muhammad Ichsan dihubungi, Minggu (9/4/2023), mengatakan penetapan pelaksanaan Shalat Ied itu merupakan hasil rapat PHBI, MUI Kota Ternate, Kementerian Agama Kota Ternate bersama sejumlah Ormas Islam.

Dia menyatakan, Pemkot Ternate PHBI dan ormas-ormas lainnya tahun ini melaksanakan Shalat Idul Fitri di Stadion Gelora Kie Raha dan setelah tempat ditetapkan, Pemkot Ternate akan menunggu hasil sidang isbat penentuan 1 Syawal 1444 Hijriah dari Pemerintah Pusat sebagai hari dilaksanakannya Shalat Ied.

"Jadi untuk tanggal, tentunya masih menyesuaikan dengan Pemerintah Pusat untuk khatib itu telah ditetapkan yakni DR Kasman H Ahmad, mantan Rektor Muhammadiyah dan imam shalat, H. Nakir Salawe," ujarnya.

Oleh karena itu, Ichsan berharap jelang pelaksanaan salat Ied nanti kondisi cuaca di Kota Ternate bisa bersahabat sehingga tidak ada lagi perubahan tempat pelaksanaan Shalat Ied yang dipusatkan di Gelora Kie Raha Ternate.

"Kami akan tetap memantau kondisi cuaca melalui BMKG setempat dan pada saat menjelang hari H kalau pun cuaca hujan, tentunya akan kita membahas lagi terkait penentuan di mana yang akan kita laksanakan Shalat Idul Fitri, akan tetapi, proses penetapan lokasi belum ada perubahan dan masih tetap di lapangan Gelora Kie Raha Ternate," ujarnya. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini