Pemkot Ambon Minta Desa Laporkan Data Warga yang Belum Punya Jamban

Share:

Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena.

satumalukuID - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon di Provinsi Maluku meminta pemerintah desa/kelurahan/negeri segera melaporkan data warga yang belum punya jamban sehat di wilayahnya agar pemerintah kota bisa merencanakan program bantuan bagi mereka.

"Saya minta dua minggu dari sekarang seluruh kepala desa, raja, dan lurah masukkan data ke Pemkot, adakah di desa, kelurahan, negeri yang masyarakatnya belum miliki jamban. Kita selesaikan tahun ini supaya Ambon bebas dari rumah yang tidak memiliki jamban," kata Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena di Ambon, Rabu (12/4/2023).

Dia menyampaikan bahwa menurut data pemerintah masih ada sekitar 2.000 warga Kota Ambon yang belum memiliki jamban sehat.

"Masih ada warga yang tidak menggunakan jamban untuk BAB tetapi memilih untuk langsung ke aliran sungai atau kali, atau ada juga yang memiliki jamban tetapi tidak masuk ke dalam septic tank," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah mengupayakan setiap rumah memiliki jamban sehat supaya tidak ada lagi warga yang buang air besar di sembarang tempat.

"Apalagi rumah di kawasan pemukiman padat penduduk, harus memiliki jamban yang dilengkapi septic tank," ujarnya.

Dia menekankan pentingnya penyediaan jamban sehat dan sarana sanitasi untuk menjaga kesehatan masyarakat dan kesehatan lingkungan. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini