Pelabuhan Tulehu Alami Lonjakan Penumpang Arus Balik Pasca Lebaran 2023

Share:

Lonjakan penumpang di Pelabuhan Maluku.

satumalukuID - Pelabuhan penyeberangan Tulehu-Amahai, Maluku kembali mengalami lonjakan penumpang pada arus balik 2023 setelah terpantau lengang saat hari raya Idul Fitri.

"Memang arus balik ini sangat tampak sekali sejak 25 April 2023," ujar Kepala Pelabuhan kelas II Tulehu Margarita Wattimury di Maluku Tengah, Rabu (26/4/2023).

Menurutnya lonjakan penumpang itu terjadi lantaran batas waktu cuti bersama yang telah ditetapkan oleh pemerintah hanya sampai 25 April 2023.

"Berdasarkan data kami tiga dari empat kapal cepat yang beroperasi di pelabuhan ini hari ini ada 1.167 penumpang yang turun," ucapnya.

Ia menjelaskan jika dibandingkan dengan hari-hari biasa angka tersebut tergolong yang terbesar pergerakan penumpang turunnya pun hanya berkisar di 800 orang saja untuk yang terbanyak di hari-hari biasa

"Karena tahun ini tidak ada pembatasan jadi orang bebas untuk melakukan perjalanan," katanya.

Pihaknya pun telah menyediakan sebanyak empat kapal cepat untuk melayani arus mudik tahun ini yang diprediksi menjadi arus mudik paling ramai dalam tiga tahun terakhir.

Kapal yang disediakan pun yakni KM Express Cantika 88, KM Cantika lestari 99B, KM Cantika torpedo, KM Express Cantika.

Keempat kapal tersebut masing- masing memiliki kapasitas penumpang 260, 370, 351 dan 355 orang untuk satu kali penyeberangan menuju Amahai dan Saparua.

Ia memprediksi puncak arus balik di pelabuhan itu akan terjadi pada 29 April 2023. (Ode Dedy Lion Abdul Azis/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini