Pangdam XVI/Pattimura Mengajak Prajurit Muslim Amalkan Al Quran

Share:

Pangdam XVI/Pattimura mengajak prajurit TNI yang Muslim mengamalkan Al Quran untuk bertugas saat peringatan Nuzulul Quran di Ambon, Provinsi Maluku, Rabu (12/4/2023).
Photo: HO-Pendam XVI/Pattimura/ant

satumalukuID - Pangdam XVI/Pattimura Majyen TNI Ruruh A. Setyawibawa mengajak prajuritnya yang Muslim untuk senantiasa mengamalkan kandungan ayat suci Al Quran di 10 hari terakhir Ramadhan 1444 Hijriah ini.

"Nuzulul Quran ini sangat penting bagi kita umat Islam untuk senantiasa mengenang peristiwa besar mukjizat diturunkannya Al Quran kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam(SAW),” katanya dalam peringatan Nuzulul Quran di Ambon, Provinsi Maluku, Rabu (12/4/2023).

Dalam Nuzulul Quran yang mengusung tema "Memaknai Nuzulul Quran Untuk Meningkatkan Disiplin Diri dan Etos Kerja Prajurit Kodam XVI/Pattimura",  ia mengatakan hal itu sebagai wujud syukur serta momentum untuk mengenang turunnya Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW.

Menurutnya Al Quran sendiri harusnya dapat menjadi pedoman para prajurit TNI yang Muslim dalam berdinas maupun kehidupan sehari-hari agar menjadi prajurit yang taat pada bangsa dan agama.

Sementara itu secara bahasa, kata dia, Nuzulul Quran berasal dari dua kata, yakni Nuzul (menurunkan sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah) dan Al Quran (kitab suci umat Islam).

"Sehingga, Nuzulul Quran dapat diartikan peristiwa turunnya Al Quran dari tempat yang tinggi ke muka bumi," katanya.

Sedangkan makna secara lengkap, kata dia, Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya Al Quran dari Allah subhanahu wa ta'ala​​​​​​​ (SWT) kepada Nabi Muhammad untuk digunakan sebagai petunjuk bagi umat Islam.

"Selain Nuzulul Quran umat Islam tentunya menanti 10 hari terakhir di bulan suci Ramadhan demi mendapatkan keutamaan malam "Lailatul Qadar", demikian Ruruh A. Setyawibawa. (​​​​Ode Dedy Lion Abdul Azis/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini