Majelis Taklim di Ternate Kumpulkan Ratusan Kantong Donor Darah

Share:

Majelis Taklim (MT) Dr Habib Abubakar Bin Hasan Alattas bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Maluku Utara melakukan donor darah untuk kebutuhan stok selama bulan suci Ramadhan, Senin (10/4/2023) di Ternate.

satumalukuID - Majelis Taklim (MT) Dr Habib Abubakar Bin Hasan Alattas bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Maluku Utara melakukan donor darah untuk membantu PMI alami kekurangan persediaan stok darah selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

"Memang selama bulan suci Ramadhan, kebutuhan darah menipis, sehingga kami menggandeng seluruh jamaah untuk melakukan donor darah dan berhasil terkumpul 308 kantong darah," kata penanggung jawab donor darah Majelis Ta'lim Dr Habib Abubakar AlAttas bin Hasan Azzabidi, dr Muhammad Alhabsyi di Ternate, Senin (10/4/2023).

Dia mengatakan, partisipasi cukup besar dari pendonor, baik dari kalangan murid pengajian, masyarakat sekitarnya maupun dari TNI dan Polri, karena donor darah sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah guna meningkatkan produksi sel darah merah.

Kegiatan donor darah yang dilakukan MT Dr Habib Abubakar bin Hasan Alattas Azzabidi pada bulan suci Ramadhan 1444 H setelah shalat tarawih merupakan kegiatan sosial dan kepedulian terhadap sesama dalam membantu masyarakat yang membutuhkan transfusi darah.

Menurut dia donor darah sangat penting, karena setiap tetesan darah dapat membantu dan menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkan darah.

Kegiatan donor darah sampai malam ini sudah mencapai 308 kantong yang terdiri dari darah A sebanyak 69 kantong, darah B sebanyak 82 kantong, darah AB sebanyak 9 kantong dan darah O sebanyak 148 kantong.

Sesuai jadwal, kegiatan berakhir donor darah pada 19 April 2023, sehingga pihak penanggung jawab MT dan PMI tetapi berupaya agar angka dapat mengalami peningkatan dengan jumlah 600 kantong.

"Kami bangga, masyarakat selama bulan suci Ramadhan sangat antusias menyambut aksi kemanusiaan melalui donor darah," katanya

Pelaksanaan donor darah berlangsung sejak 29 Maret sampai pada 19 April 2023 dan untuk kegiatan donor darah pada malam pertama, Rabu,29 Maret 2023 terkumpul 76 kantong dan Kamis, 30 Maret 2023 berhasil terkumpul 32 kantong, sehingga selama dua malam berhasil terkumpul 108 kantong.

Dia menyatakan, jamaah yang hadir dalam pengajian Habib Abubakar Al Attas dan masyarakat yang ada di sekitarnya dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah, sebab, donor darah selain membantu orang lain, juga untuk tubuh kita sendiri, karena melalui produksi sel darah baru di tubuh manusia.

"Donor darah sangat penting, karena setiap tetes darah dapat membantu dan menyelamatkan nyawa orang yang membutuhkan darah," demikian Muhammad Alhabsyi. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini