DLHP Ambon Angkut Sampah Kulit Durian 25 Ton Per Hari

Share:

Tumpukan sampah kulit durian di Kota Ambon.
Photo: HO-Dokumentasi pribadi/ant

satumalukuID - Musim durian membuat Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon mengangkut sampah kulit durian ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) sampai 25 ton per hari.

"Musim buah durian di Ambon membuat volume sampah mengalami peningkatan dibandingkan hari biasa, setiap hari petugas mengangkut sampah mencapai 25 ton khusus sampah kulit durian," Kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon, Alfredo Hehamahua, di Ambon, Rabu (12/4/2023).

Ia menyatakan, tumpukan sampah kulit durian tersebar di sejumlah titik di Kota Ambon, seperti depan pusat perbelanjaan Maluku City Mall (MCM), Pantai Losari, kawasan Passo, Waiheru, dan Wayame.

Pedagang durian musiman membawa durian dari Pulau Seram dan daerah sekitar Pulau Ambon, karena kota Ambon menjadi pasar utama pedagang menjual durian.

"Kondisi ini secara tidak langsung membuat volume sampah yang diangkut ke TPS mengalami peningkatan signifikan," katanya.

Saat ini katanya, volume sampah yang masuk TPA mencapai 220 ton dalam sehari, jika ditambah sampah kulit durian maka para petugas bekerja keras untuk mengangkut sampah.

"Armada sampah kita juga tidak cukup untuk mengangkut sampah, sehingga dilakukan upaya pengangkutan setiap jam agar tumpukan sampah tidak bertambah," ujarnya.

Pihaknya mengimbau para pedagang untuk membantu petugas dengan menampung kulit buah durian ditempat yang telah disediakan.

"Bukan hanya pedagang tetapi juga warga yang makan durian untuk menjaga kebersihan lokasi yang menjadi tempat berjualan, dengan tidak membuang kulit durian sembarangan," kara Alfredo. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini