Bulog Maluku Pastikan Stok Beras Masih Cukup di Pasar Tradisional

Share:

Pasar murah menyediakan beras Bulog di Ambon.

satumalukuID - Perum Bulog Maluku dan Maluku Utara memastikan stok beras Bulog masih cukup banyak di pasar tradisional Kota Ambon baik di Pasar Mardika maupun di Pasar Batu merah.

"Tidak mungkin beras Bulog tidak ada di pasar Ambon, masih banyak beras Bulog, sebab kebutuhan beras Bulog untuk Kota Ambon dalam satu bulan tercatat 1.000 ton, sedangkan yang didistribusikan setiap bulan untuk permintaan pasar sudah mencapai 3.000 ton, sudah tiga kali lipat," kata Pimpinan Perum Bulog Maluku dan Maluku Utara Saldi Aldrin di Ambon, Kamis (13/4/2023).

Ia menyampaikan hal itu menanggapi keluhan kosongnya stok di pasar.

Ia memastikan masih tersisa stok 2.000 ton, mungkin saja di tingkat pedagang atau pengecer sehingga pihaknya akan lakukan evaluasi.

Karena itu pihaknya akan lakukan pengawasan, sebab penyalurannya sudah tiga kali lipat namun barangnya kosong terus di pasar.

"Ada kecurigaan dari kami, jangan-jangan kelangkaan yang ada, pedagang-pedagang tidak mau membeli beras premium yang lebih mahal dan mengisi dengan beras medium milik Bulog yang kualitasnya setara dengan beras premium," ujarnya.

"Saya yakin beras medium yang kita kirim ke masyarakat ini sudah cukup besar jumlahnya, bayangkan sampai 3.000 ton, sudah tiga kali lipat, sementara kebutuhan Kota Ambon hanya 1.000 ton, karena itu stok beras ini masih ada di pedagang tidak mungkin habis," katanya lagi.

Saldi mengatakan, kebutuhan secara nasional, Bulog hanya menyalurkan lima sampai delapan persen saja, tetapi di Kota Ambon ini sudah sampai 24 persen setiap bulannya.

Artinya ada kelebihan penyaluran yang dilakukan Bulog, sudah dilakukan operasi pasar sebanyak mungkin, atau tiga kali lipat dari jumlah yang ada, lalu bagaimana informasi beras Bulog kosong di pasar.

Sedangkan stok beras untuk mendukung pelaksanaan pasar murah menjelang perayaan lebaran 1444 Hijriah yang digelar Pemerintah Provinsi Maluku sejak Selasa, hingga Jumat 14 April 2023, cukup banyak, dan siap membantu terlaksananya pasar murah, selama pasar murah berlangsung Bulog siapkan 2,5 ton beras medium, gula pasir, dan minyak goreng. (Winda Herman/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini