Basarnas Ternate Gelar Apel Siaga SAR Khusus Idul Fitri

Share:

Tim SAR menggelar pasukan di halaman Kantor Basarnas Ternate dalam rangka Siaga SAR Khusus angkutan lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah tahun 2023, Jumat (14/4/2023).

satumalukuID - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) menggelar pasukan di halaman Kantor Basarnas Ternate dalam rangka Siaga SAR Khusus angkutan lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah tahun 2023.

"Kegiatan Siaga SAR Khusus ini dilaksanakan selama 21 hari dimulai pada tanggal 13 April - 3 Mei 2023. Kegiatan Siaga SAR Khusus Lebaran merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya Kegiatan Siaga SAR Khusus ini dilaksanakan selama 21 hari dimulai pada tanggal 13 April - 3 Mei 2023," kata Kepala Kantor Basarnas Ternate Fathur Rahman, usai memimpin gelar pasukan di Ternate, Jumat (14/4/2023).

Sementara itu Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate mengatakan selama dilaksanakannya Siaga SAR Khusus Lebaran ini terdapat posko Siaga Lebaran yaitu di Kantor Basarnas Ternate.

Personel yang terlibat akan melaksanakan siaga dan mobile di beberapa titik yaitu Dermaga Bandara Udara Sultan BabullahTernate, Pelabuhan Rakyat dufa-dufa Ternate, Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Pelabuhan Armada Semut, Pelabuhan Speed boat Bastiong dan juga Tempat Wisata Jikomalamo Ternate.

Lanjut Fathur, Selain di kantor Induk Basarnas Ternate. Pelaksanaan Siaga sar Khusus juga di Pos Sar Tobelo, Unit Siaga Sar Halsel, Unit Siaga Sar Morotai dan Juga Unit Siaga Sar Sanana.

Sementara Armada yang di siagakan selama berjalannya siaga SAR khusus lebaran 2023 ini yaitu. Kapal Kn. SAR 237 Pandudewanata yang siaga di dermaga ahmad Yani Ternate, Kapal Rescue Boat 309 yang siap di Dermaga Panamboang Bacan, RIB yang siap  di Pos SAR maupun Unit Siaga, perahu karet serta peralatan SAR laut maupun darat lainnya.

Sebelumnya telah dilaksanakan Apel Pembukaan Siaga SAR Khusus Lebaran secara daring yang dipimpin oleh Kepala Basaranas RI, Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pada tahun ini terjadi peningkatan jumlah pemudik sebesar 44,79 persen dibanding Lebaran pada tahun sebelumnya.

"Menyikapi fenomena di atas, Komisi V DPR RI dalam Rapat Dengar Pendapat beberapa saat yang lalu meminta kepada Pemerintah agar mengoptimalkan pengelolaan penyelenggaraan mudik lebaran tahun ini melalui koordinasi dan sinergitas lintas sektoral yang baik.


Kepala Basarnas Henri juga memerintahkan agar menempatkan kapal atau alut air di lokasi-lokasi strategis di pelabuhan-pelabuhan penyeberangan, dan bekerja sama dengan otoritas pelabuhan aktif mensosialisasikan dan memonitor keselamatan penumpang kapal.

Ia jug memint untuk mewaspadai titik-titik simpul kemacetan lalu-lintas, khususnya di ruas jalan tol, sebagai upaya deteksi dini jika terjadi kedaruratan luar biasa menimpa pemudik yang rentan keselamatannya terjebak dalam kemacetan ekstrim, seperti ibu hamil, orang lanjut usia, anak-anak, dan pemudik yang sakit. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini