Arus Balik di Dermaga Hunimua dan Galala Maluku Capai 3.777 Orang

Share:

Antrian kendaraan di Pelabuhan Waipirit Seram Bagian Barat (SBB) menuju Hunimua, Maluku Tengah.

satumalukuID - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Provinsi Maluku mencatat sebanyak 3.777 penumpang dan kendaraan arus balik  melewati pelabuhan Waipirit - Hunimua dan Pelabuhan Namlea - Galala, Kota Ambon.

“Itu berdasarkan data terakhir yang kita terima. Dengan jumlah penumpang dan kendaraan yang ada terdapat empat kapal yang melayani lintasan dimaksud sebanyak 13 trip ditambah satu ekstra trip dari pukul 06.00 WIT sampai dengan 21.30 WIT,” kata Kepala BPTD Maluku Handa Lesmana, di Ambon, Jumat (28/4/2023).

Ia menjelaskan dari total tersebut, 3.246 penumpang dan kendaraan di antaranya naik dari Pelabuhan Waipirit Seram Bagian Barat (SBB) ke Pelabuhan Hunimua Liang, Maluku Tengah (Malteng).

Dengan rincian, untuk penumpang sendiri sebanyak 2129 orang, 804 kendaraan roda dua, 313 kendaraan roda empat.

Kata Lesmana, berdasarkan pemantauan langsung di lapangan, pelayanan dan penyelenggaraan angkutan penyeberangan dari dua pelabuhan ini terpantau ramai, tertib dan lancar.

“Jumlahnya masih cukup banyak tapi terpantau aman, tertib, dan lancar,” ujarnya.

Sementara untuk Pelabuhan Namlea ke Galala, Kota Ambon terdapat 311 penumpang. Ditambah 82 kendaraan roda dua, dan 36 kendaraan roda empat.

Total penumpang dan kendaraan itu diangkut oleh satu kapal dengan satu kali trip penyeberangan.

“Dengan jumlah yang ada, arus balik 2023 ini berjalan tertib dan lancar,” ucap Lesmana. (Winda Herman/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini