Ribuan Orang Ikut Shalat Tarawih Perdana di Masjid Raya Maluku

Share:

Lahan parkir masjid Raya Al-Fatah, Ambon Maluku usai shalat tarawih perdana Ramadhan 1444 Hijriah.

satumalukuID - Ribuan orang dari seluruh penjuru Kota Ambon mengikuti shalat tarawih perdana pada bulan suci Ramadhan 1444 hijriah di Masjid Raya Al-Fatah, Maluku sebagai bagian dari pelaksanaan ibadah Ramadan.

"Karena ini tarawih perdana jadi jangan sampai terlewatkan," ujar salah satu jamaah masjid Al Fatah, Hasan Wabula di Ambon, Rabu (22/3/2023).

Bahkan Hasan mengatakan para jamaah telah datang memenuhi seisi masjid sejak seusai shalat Maghrib pada pukul 18.30 WIT.

Tak hanya di dalam masjid ribuan jamaah tersebut tumpah ruah hingga ke pelataran masjid terbesar di Maluku itu.

Selain itu jamaah lainnya, Aprilia yang datang dengan keluarganya mengatakan hal yang sama.

"Kami tak mau kehilangan momen tarawih perdana, jarang-jarang bisa tarawih bersama keluarga lengkap," ungkapnya.

Lahan parkir masjid Al Fatah pun sesak terisi dengan kendaraan roda dua maupun roda empat dari para jamaah.

Tak hanya beribadah, sejumlah tenant-tenant yang berdiri pada sepanjang trotoar di depan masjid Al Fatah juga dipenuhi oleh jamaah yang ingin berbelanja pada pasar dadakan yang hanya ada selama 30 hari pada bulan Ramadhan.

Sejumlah tenant itu menyediakan berbagai macam perlengkapan beribadah untuk umat Islam mulai dari baju koko, peci, sajadah, tasbih, hingga beragam pilihan jubah.

Sementara itu sebelumnya pihak yayasan Al Fatah sendiri mengatakan akan menyemarakkan Ramadhan 2023 dengan berbagai kegiatan, salah satunya menghadirkan penceramah terkenal Buya Arrazy Hasyim pada 25 Maret 2023.

"Nanti pada 25 Maret kami mengundang Buya Arrazy Hasyim untuk mengisi tausiyah Ramadhan di masjid Al-fatah," ujar Ketua Yayasan Al-Fatah Hadi Basalamah.

Dia menuturkan selain ceramah dari Buya Arrazy Hasyim adapun beberapa rangkaian acara tahunan seperti buka puasa bersama gratis, kajian sebelum tarawih, dan i'tikaf pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan.

Untuk itu pihaknya pun telah bekerjasama dengan berbagai pihak baik dari lingkup pemerintahan, swasta, dan pihak keamanan.

"Jadi kami sudah kerjasama dengan berbagai pihak, untuk kegiatan tersebut bantuan juga banyak yang masuk dengan berbagai macam jenis, Insya Allah Ramadhan di Al-Fatah tahun ini akan meriah," kata dia menjelaskan.

Dikatakan Basalamah, Masjid raya Al Fatah sendiri mampu menampung sebanyak 2.000 jamaah di dalamnya.

Angka tersebut belum terhitung dengan pelataran masjid seluas 5.000 meter persegi.

Diharapkan dengan semarak Ramadhan 1444 Hijriah ini dapat menumbuhkan semangat beribadah bagi umat Islam di Kota Ambon.

Sementara itu Kementerian Agama Republik Indonesia (RI) telah memutuskan 1 Ramadan 1444 hijriah jatuh pada 23 Maret 2023, berdasarkan hasil sidang isbat penentuan 1 Ramadan 2023 dari hasil rukyatul hilal pada berbagai daerah di Indonesia. (Ode Dedy Lion Abdul Azis/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini