Pemprov Maluku-Perum Bulog Sinergi Serap Komoditas Produksi Petani

Share:

Penandatanganan nota kesepahaman Pemerintah Provinsi Maluku dan Perum Bulog.

satumalukuID - Pemerintah Provinsi Maluku melakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan dengan Perum Bulog tentang sinergi pembinaan, pengembangan dan penyerapan gabah atau beras serta komoditas pertanian lainnya hasil petani di daerah itu.

"Penandatangan kerja sama ini merupakan implementasi dari arahan Presiden RI agar Bulog menyerap beras petani di Provinsi Maluku," ujar Ketua Tim Gubernur Percepatan Pembangunan (TGPP) Provinsi Maluku, Hadi Basalamah dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Sabtu (25/3/2023).

Ia mengatakan penandatangan MoU ini sebagai langkah konkret Gubernur Maluku dalam memperjuangkan nasib petani.

"Selama ini hasil produksi petani tidak diserap oleh Bulog dengan alasan kualitas yang rendah dan harga jual di tingkat petani di atas Harga Pembelian Pemerintah (HPP). Kerja sama ini juga upaya pengendalian inflasi khususnya beras dimana dalam beberapa bulan terakhir mengalami inflasi," kata dia.

Oleh sebab itu sebagai tindak lanjut dari penandatangan MoU tersebut juga dilakukan penandatangan rencana kerja yang oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku Ilham Tauda dan Pimpinan Kantor Wilayah Perum Bulog Maluku dan Maluku Utara Saldi Aldryn.

Sementara itu Gubernur Maluku Murad Ismail berharap melalui kerja sama itu dapat meningkatkan hubungan kemitraan antara Perum Bulog dan Pemerintah Provinsi Maluku dalam pembelian beras dan gabah para petani menuju swasembada pangan khususnya beras. (Ode Dedy Lion Abdul Azis/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini