Pemkab Halmahera Utara Gandeng Personel TNI Normalisasi Sungai

Share:


satumalukuID - Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara menggandeng personel TNI untuk melakukan normalisasi sungai, mencegah terjadinya banjir, menjaga kebersihan, kesehatan lingkungan menuju Tobelo Bersih.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Halmaheta Utara Yudhiahart Noya dihubungi, Sabtu, mengatakan untuk sektor karya bakti tim gabungan melaksanakan pembersihan di sekitar aliran sungai Gosoma dan Kali seratus lokasi pasar modern.

"Untuk sampah yang sudah di bersihkan akan kami kumpulkan menjadi satu dan nanti akan ada kendaraan yang mengangkut sampah dan akan dibuang tempat pembuangan sampah, " ujarnya.

Kodim 1508/Tobelo Bersama Pemerintah Daerah Halmahera Utara melaksanakan pembersihan Kali Gosoma, bertempat di jalan raya samping Pasar Modern (lorong monyet) Desa Gosoma Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara, Sabtu (4/3/2023).

Ia mengharapkan masyarakat untuk membantu pemerintah, terutama dalam mengantisipasi terjadinya banjir di musim hujan ini dengan membersihkan parit saluran air.

"Kami meminta masyarakat agar membantu instansi terkait agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya jangan sembarangan, disamping tidak sedap dipandang juga berdampak negatif terhadap kesehatan," ujarnya.

Dia mencontohkan air yang menggenang di dalam parit jika dibiarkan lama akan menjadi tempat berkembang biak nyamuk dan dapat menyebabkan menjadi daerah rawan demam berdarah.

Sementara itu, Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait mengatakan kegiatan tersebut merupakan program Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara dalam rangka menjaga kebersihan, keindahan dan kesehatan lingkungan untuk menuju Tobelo Bersih.

"Ini adalah wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat, semoga kegiatan hari ini dapat menyadarkan kita semua untuk menerapkan pola hidup sehat dan memelihara lingkungan dengan baik agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari," ujarnya Dandim. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini