Pemerintah Provinsi Maluku Gelar Pasar Murah Ramadhan

Share:

Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Maluku Poly Jamlean.Photo: John Soplanit/ant

satumalukuID - Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku akan menggelar pasar murah saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Sesuai rencana pasar murah keliling digelar pada tanggal 4 - 6 April 2023 di beberapa titik  mayoritas penduduknya beragama Muslim, dengan tujuan membantu masyarakat untuk memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau," kata Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Maluku Poly Jamlean di Ambon, Selasa (14/3/2023).

Pihaknya merencanakan pembukaan pasar murah dilaksanakan di Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, (Pulau Ambon).

Dia menjelaskan, pasar murah akan menjual kebutuhan pokok dalam bentuk paket, harga Rp50.000 per paket berisi telur ayam, gula pasir, terigu, dan minyak goreng.

"Jadi sejumlah kebutuhan pokok yang dijual itu rata-rata kebutuhan hari-hari seperti yang dilakukan setiap kegiatan pasar murah menjelang hari-hari besar keagamaan, terutama telur ayam ras yang selalu fluktuasi harga," ujarnya.

Hasil pantauan di pasar Mardika dan Batu Merah, Selasa(14/3),  harga telur ayam ras Rp28.000 per kilogram, eceran Rp1.900 hingga Rp2.000 per butir, susu kental manis 390 gram Rp11.000 per kaleng, susu bubuk 400 gram Rp43.000 per dos, terigu protein tinggi Rp15.000 per kilogram, terigu protein sedang Rp13.000 per kilogram, minyak goreng sederhana Rp16.000 per liter, minyak goreng Kita Rp15.000 per liter, minyak goreng kemasan premium Rp23.000 per liter, dan gula pasir 15.000 per kilogram, beras Bulog Rp10.000 per kilogram.

Poly mengatakan, awalnya pasar murah akan digelar pada 17 Maret 2023 menjelang umat muslim mempersiapkan diri untuk melaksanakan ibadah puasa di bulan suci ramadhan, namun diundur hingga awal April 2023," ujarnya.

Karena itu, rencana pembukaan pelaksanaan pasar murah itu juga akan terpusat di Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, jadi selain secara mobile, pasar murah juga digelar di lokasi dilaksanakan atas kerja sama Disperindag Maluku dengan beberapa distributor untuk menjual dibawah harga pasar.

Poly menambahkan, paket sembako murah akan disalurkan secara tepat guna membantu masyarakat, sekaligus diharapkan dapat menekan lonjakan harga yang cenderung naik menjelang hari besar keagamaan. (John Soplanit/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini