Pelatihan Disaster Victim Identification Penting untuk Selamatkan Korban Bencana

Share:

Kapolda Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif saat memberikan sambutan dalam kegiatan pelatihan DVI 2023.
Photo: HO-Polda Maluku/ant

satumalukuID - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif mengatakan pelatihan disaster victim identification (DVI) penting untuk bekal penyelamatan korban yang mengalami bencana.

Kapolda menyampaikan hal ini saat membuka pelatihan DVI tahun 2023 yang bertempat di Rupatama Mapolda Maluku.

"Pelatihan ini penting karena saat terjadi bencana yang menelan banyak korban biasanya susah dikenali sehingga harus ditangani secara profesional, mengingat wilayah Maluku merupakan daerah rawan banjir, rawan gempa dan rawan tsunami," kata Kapolda Irjen Pol. Lotharia Latif di Ambon, Selasa )28/3/2923(.

Kapolda berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan personel dalam menjalankan tugas-tugas DVI dan tugas operasional kedokteran kepolisian.

Pada kesempatan itu, Kapolda juga menyampaikan terima kasih kepada Kabid Dokkes Polda Maluku serta seluruh panitia dan instansi terkait atas kerja sama, dan sinergitasnya dalam memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif.

"Semoga sinergitas ini dapat terpelihara dengan baik dan terus ditingkatkan," pintanya.

Ia meminta agar pelatihan ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan kembali semangat, disiplin dan etos kerja dalam melaksanakan tugas.

"Jadikan juga kegiatan ini untuk memberikan pengabdian yang terbaik kepada masyarakat bangsa dan negara," ucapnya.

Kabid Dokkes Polda Maluku Kombes Pol. Aris Sukarno mengaku kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketangguhan dan kemampuan personel Bidang Dokkes Polda Maluku untuk penanganan penanggulangan bencana yaitu dengan menyelamatkan korban yang tidak bisa dikenali.

Untuk mencapai keberhasilan penanganan korban bencana terutama tempat identifikasi, kata Aris, diperlukan sumber daya yang berkualitas dalam setiap tahapan penanganan baik pengetahuan maupun pelaksanaan kegiatan.

Pelatihan DVI ini juga dapat terlaksana atas kerja sama dan dukungan dari pihak-pihak terkait seperti Basarnas Ambon, BPBD Maluku, Damkar Kota Ambon, dan Dinas Kesehatan kota Ambon, ungkapnya.

Kapolda saat membuka pelatihan DVI didampingi Wakapolda Maluku Brigjen Pol Stephen M.Napiun dan Kabid DVI Pusdokkes Polri Kombes Pol. Ahmad Fauzi beserta staf AKBP Arumi Sumarni Amk. (Winda Herman/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini