Harga Sejumlah Komoditi Pangan di Ternate Turun

Share:

Sejumlah kebutuhan sayur-mayur yang dijual di Pasar Sentra Gamalama Kota Ternate, Kamis (30/3/2023).

satumalukuID - Sejumlah pedagang di pasar rakyat Gamalama Ternate, Maluku Utara (Malut) mengatakan, harga komoditas pangan seperti sayur mayur yang dijual alami penurunan, menyusul banyaknya stok komoditas yang masuk ke Kota Ternate.

Salah seorang pedagang sayur mayur di Pasar Gamalama Ternate, Safruddin, Kamis (30/3/2023), mengakui, untuk kebutuhan cabai atau rica nona yang semula dijual Rp75 ribu per kg, mengalami penurunan jadi harga Rp65 ribu per kg.

Selain itu, sejumlah kebutuhan rumah tangga seperti cabai atau rica keriting juga mengalami penurunan harga dari Rp70 ribu per kg menjadi Rp60 ribu per kg.

Sedangkan untuk tomat dijual dengan harga Rp12 ribu per kg, alami penurunan hingga jadi Rp10 ribu per kg.

Bahkan, turunnya berbagai komoditi pangan dan sayur mayur di pasar sejak empat hari terakhir, karena stok yang dipasok dari petani membludak, terutama dari petani lokal di Halmahera Timur.

Sementara itu, Kantor Karantina Pertanian Ternate, Maluku Utara (Malut) menyatakan, pihaknya terus melakukan pemeriksaan berbagai komoditi pertanian yang masuk ke Ternate, menyusul meningkatnya kebutuhan pangan selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah

Kepala Karantina Pertanian Ternate, Tasrif mengatakan, komoditas pertanian sebagian besar merupakan bahan pangan bagi masyarakat, apalagi menjelang Ramadhan pasokan bahan pangan meningkat sehingga wajib untuk dilakukan pemeriksaan sesuai prosedur karantina.

Dia menyatakan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan sebanyak 1.250 kg sayuran, 2.750 kg, 1.800 kg bawang merah, 2.000 ekor doc dan 4 ton telur yang berasal dari Manado dengan alat angkut KM Uki Raya dilakukan pemeriksaan oleh pejabat karantina dan dalam momentum Ramadhan berbagai kebutuhan pertanian alami peningkatan.

Oleh karena itu, Karantina Pertanian Ternate, intensif melakukan pemeriksaan berbagai ragam komoditas pertanian yang dipasok dari berbagai daerah ke Kota Ternate, terutama dalam suasana bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah. (Abdul Fatah/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini