Gubernur Berharap Forum OPD DKP Tingkatkan Ketahanan Pangan di Maluku

Share:

Sekretaris daerah (Sekda) Maluku Sadali Ie saat membuka forum OPD DPK di Ambon.

satumalukuID - Gubernur Maluku Murad Ismail berharap forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Maluku meningkatkan ketahanan pangan di provinsi itu.

"Forum OPD ini merupakan forum koordinasi antar pelaku pembangunan untuk membahas prioritas program dan kegiatan pembangunan hasil Musrenbang dengan OPD, serta menyusun dan menyempurnakan Rencana Kerja OPD yang tata cara penyelenggaraannya di fasilitasi OPD terkait," ujar Gubernur Maluku Murad Ismail yang diwakili Sekretaris daerah (Sekda) Maluku Sadali Ie di Ambon, Senin (20/3/2023).

Hal itu disampaikannya dalam Forum OPD DKP yang mengusung tema 'Sinergi Perencanaan Pembangunan Ketahanan Pangan untuk Peningkatan Ekonomi Maluku'.

Menurutnya salah satu kunci dalam suksesnya OPD adalah musyawarah dalam merumuskan program dan kegiatan pembangunan di lingkungan OPD itu sendiri.

"Penyelenggaraan forum ini bagi DKP Provinsi Maluku dimaksudkan sebagai wujud sinkronisasi program dan kegiatan agar dalam pelaksanaannya kelak, saling keterkaitan dan menghindari terjadinya tumpang tindih kebijakan," kata dia menjelaskan

Ia melanjutkan perencanaan pembangunan harus berorientasi pada penyusunan perencanaan money follow program.

Orientasi penyusunan perencanaan ini didasarkan pada pemahaman dengan adanya keterbatasan pendanaan pembangunan, maka anggaran pemerintah harus dialokasikan untuk berbagai pilihan kegiatan strategis yang dapat memaksimalkan hasil pembangunan di bidang pangan.

"Untuk itu, diharapkan lewat forum ini, kita dapat menyusun perencanaan pembangunan yang benar-benar diarahkan untuk meningkatkan ketahanan pangan di Maluku agar permasalahan kemiskinan dapat diatasi," harap Gubernur Murad

Dalam hal ini Pemerintah Provinsi harus dapat mengkoordinasikan, mensinkronisasikan serta mensinergikan langkah dan kebijakan pemerintah pusat.

Olehnya itu, dibutuhkan kerjasama antar pemangku kepentingan  dari pusat, daerah sampai tingkat kabupaten dan kota.

Sebab, pembangunan ketahanan pangan merupakan urusan wajib dalam rencana pembangunan jangka panjang daerah provinsi Maluku tahun 2019-2024

"Atas nama pemerintah provinsi Maluku, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada peserta forum sebagai salah satu momen untuk berdiskusi dan saling berbagi pengetahuan, dan pengalaman tentang permasalahan daerah khususnya masalah kemiskinan," katanya. (Ode Dedy Lion Abdul Azis/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini