Distan Ternate Gelar Pangan Murah Stabilkan Harga Bahan Pokok

Share:

Suasana hari pertama bulan suci Ramadhan, puluhan pedagang memadati halaman parkir pasar Gamalama untuk menjajakan berbagai kebutuhan sembako dan takjil untuk berbuka, Kamis (23/3/2023).

satumalukuID - Dinas Ketahanan Pangan (Distan) Kota Ternate, Provinsi Maluku menggelar kegiatan 'Pangan Murah' guna menstabilkan harga bahan kebutuhan pokok masyarakat yang cenderung naik jelang Ramadhan 1444 Hijriah.

"Kegiatan pangan murah merupakan kerja sama dengan Bulog, Bank Indonesia, Tono Tani Indonesia, distributor Firma Agung, Toko Sinar Bumi Ayu dan Toko Samudra," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Ternate, Sofyan Wahab di Ternate, Kamis (23/3/2023). 

Selain menstabilkan harga, dengan pangan murah ini, maka masyarakat yang mempersiapkan Puasa Ramadhan dapat memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan harga relatif terjangkau. 

Komoditas yang tersedia dalam pangan murah, diantaranya beraskita, beras jenis kelas medium seperti  Fag Spesial kemasan 5-25 kg, gula pasir, minyakita dan minyak goreng lainnya, tepung terigu, telur, bawang merah dan putih, cabai rawit dan keriting, serta tomat, termasuk persediaan beras jenis medium, beras kita dan minyak goreng kita dari Bulog.

Untuk beras dijual Rp50 ribu per 5 kilogram(kg), minyak kelapa Rp14 ribu per kg, gula pasir Rp14 ribu per kg, bawang merah Rp40 ribu per kg, telur 1 rak Rp49 ribu, terigu dijual Rp10 ribu per kg, cabai merah Rp30 ribu per kg, bawang putih Rp29 ribu per kg dan tomat Rp9 ribu per kg.

Pedagang di Pasar Gamalama mengatakan di awal bulan Ramadhan ini sudah terjadi kenaikan sejumlah bahan kebutuhan pokok masyarakat. 

Aris Muhammad, salah satu pedagang di Pasar Gamalama Kota Ternate menginformasikan untuk harga beras medium  biasanya dijual Rp12 ribu per kg, kini naik menjadi Rp16 ribu per kg dan beras yang dijual per karung 25 kg dengan harga Rp320 ribu, kini naik menjadi Rp355 ribu per karung.

Aris mengaku terpaksa menjual di harga demikian, menyesuaikan dengan harga pembelian dari distributor yang sudah mengalami kenaikan.

Berdasarkan pantauan, harga daging sapi yang dijual Rp130 ribu per kg, naik menjadi Rp140 ribu per kg, bawang putih dari Rp30 ribu per kg naik menjadi Rp50 ribu per kg, begitu pula,  bawang merah dari Rp50 ribu per kg menjadi Rp65 ribu per kg. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini