Disperindag Ambon Jamin Pasokan Pangan Aman selama Ramadhan 1444 H

Share:

Aktivitas pedagang di Pasar Mardika Ambon.

satumalukuID - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon, Maluku, menjamin pasokan kebutuhan pokok aman dan cukup selama Ramadhan 1444 Hijriah.

"Kami pastikan stok kebutuhan pokok aman, walaupun sejumlah komoditas masih dalam harga yang fluktuatif seperti beras dan beberapa komoditas lain," kata Kepala Disperindag Kota Ambon, Jhon Slarmanat di Ambon, Kamis (23/3/2023).

Ia mengatakan menjelang hari raya keagamaan bulan Ramadhan dan Idul Fitri, dipastikan stok kebutuhan pokok aman, ditunjang pemantauan yang dilakukan petugas Disperindag.

"Pengawasan dilakukan petugas untuk memastikan stok dan harga kebutuhan pokok tetap stabil," katanya.

Ia mengakui menjelang Ramadhan harga sejumlah bahan pokok mulai mengalami kenaikan namun tidak signifikan dan masih bisa terjangkau oleh masyarakat umum.

Kenaikan harga, katanya, terjadi pada komoditas beras, mengingat pasokan beras di Ambon berasal dari Surabaya dan Makassar.

"Kenaikan harga bukan hanya terjadi di daerah saja, tetapi cenderung menjadi masalah nasional, karena mungkin salah satu penyebab adalah curah hujan yang cukup panjang, sehingga terjadi kegagalan panen,"katanya.

Ia mengakui, stok beras akan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada bulan Ramadhan.

"Stok beras Bulog mencukupi walaupun memang Bulog mempunyai banyak program seperti pasar murah, dan operasi pasar," kata Jhon.

Pihaknya juga akan melakukan langkah konkrit guna, stabilisasi dan ketersediaan harga bekerja sama dengan tim pengendali inflasi daerah (TPID) berupa kegiatan pasar murah

Pihaknya juga melakukan operasi pasar murah untuk menekan laju inflasi yang cukup tinggi, dilaksanakan pada pekan kedua dan keempat setiap bulan di sejumlah lokasi pasar tradisional di Ambon. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini