BPJAMSOSTEK-Polda Maluku Kolaborasi Kepatuhan Program Jaminan Sosial

Share:

Pertemuan pihak BPJAMSOSTEK Cabang Maluku dan Direktorat Binmas Polda Maluku terkait penanganan kepatuhan kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

satumalukuID - BPJAMSOSTEK Cabang Maluku berkolaborasi dengan Direktorat Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polda Maluku lewat peran bhabinkamtibmas guna penanganan kepatuhan kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Maluku, Dwi Ari Wibowo di Ambon, Kamis (30/3/2023), menyatakan kolaborasi itu tindak lanjut kerja sama di tingkat pusat antara BPJAMSOSTEK dan Polri.

"Kerja sama dilakukan untuk penanggulangan pencegahan yakni peserta yang menunggak iuran, kategori peserta belum terdaftar di daerah yang tidak dapat dijangkau," katanya.

Ia mengharapkan melalui kerja sama ini bisa menjangkau seluruh desa di Provinsi Maluku lewat peran bhabinkamtibmas.

Bhabinkamtibmas bersama BPJAMSOSTEK akan memberikan pemahaman tentang perlindungan sosial jaminan ketenagakerjaan sekaligus meningkatkan kepatuhan kepesertaan.

"Melalui kerja sama kami dengan Polda Maluku, kami bisa menjangkau desa melalui bhabinkamtibmas yang ada di polres atau polsek se-Provinsi Maluku sehingga ketidakpatuhan terhadap program jaminan sosial tersebut dapat dikurangi," katanya.

Wakil Direktiur Binmas Polda Maluku AKBP Rosita Umasugi menyatakan kepolisian mendukung program BPJAMSOSTEK.

Untuk kolaborasi di tingkat daerah, Kota Ambon akan menjadi wilayah percontohan pelaksanaan di Provinsi Maluku.

Setelah kegiatan ini, katanya, akan ditindaklanjuti ke polresta dan jajaran binmas dan bhabinkamtibmas guna membantu terkait dengan program pemerintah tersebut, sedangkan penggunaan dana desa yang dianggarkan untuk melindungi 100 pekerja rentan melalui program BPJS Ketenagakerjaan.

"Penjelasan telah disampaikan selanjutnya akan ditindaklanjuti jajaran dan dilakukan percontohan tahap awal di Kota Ambon," ujarnya. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini