BMKG Minta Waspadai Potensi Cuaca Buruk di Tiga Daerah Maluku Utara

Share:


satumalukuID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sultan Baabullah Ternate, meminta kepada seluruh masyarakat terutama yang berada di tiga kabupaten/kota di Maluku Utara (Malut) untuk mewaspadai ada potensi cuaca buruk disertai angina kencang.

"Kami telah mengeluarkan peringatan dini untuk tiga daerah di Malut mewaspadai adanya potensi cuaca buruk akibat hujan intensitas lebat disertai angin kencang," kata Prakirawan BMKG Malut, Justia PD Gelensong, Senin (6/3/2023).

Dia menyebut, tiga daerah yang berpotensi terjadinya cuaca buruk yakni Kabupaten Halmahera Barat, Kota Sofifi dan Halmahera Timur dengan kecepatan angin bertiup dari arah barat laut-timur laut berkisar 5.40 km per jam.

Di samping itu, pihaknya telah mengeluarkan peringatan dini gelombang dan waspada potensi tinggi gelombang 2 meter di wilayah perairan Utara Morotai, Perairan Utara Loloda, Perairan Gebe, Perairan Batang Dua-Bitung, Perairan Barat Halmahera Bagian Utara, Laut Halmahera, Perairan Bacan – Obi – Sanana dan sekitarnya.

Dia menyebut, ada beberapa wilayah masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di Kabupaten Halmahera Barat yakni Jailolo, Loloda, Tabaru, Ibu Selatan, Kabupaten Halmahera Tengah Patani, Patani Timur, Kabupaten Halmahera Utara Loloda Utara, Galela Utara, Kabupaten Pulau Morotai Morotai Selatan, dan sekitarnya

Untuk Kabupaten Halmahera Barat yakni di Jailolo Selatan, Sahu Timur, Kabupaten Halmahera Tengah:* Patani Barat, Kabupaten Halmahera Utara:* Malifut, Galela Barat, Kao Barat, Kao Teluk, Kabupaten Pulau Morotai Morotai Selatan Barat, Kota Ternate Pulau Ternate, Kota Ternate Selatan, Kota Ternate Tengah, Pulau Hiri, Kota Tidore Kepulauan Tidore, Oba Utara, Tidore Selatan, Tidore Utara, Tidore Timur dan sekitarnya.

Sementara itu,Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, siagakan personel di lapangan untuk memantau kondisi di kawasan pesisir, guna mengantisipasi terjadinya banjir akibat hujan deras selama sepekan ini.

Kepala BPBD Kota Ternate, Muhammad Iksan Hamzah mengakui, dalam sepekan ini, kondisi cuaca ini berpotensi peningkatan kecepatan angin yang berdampak pada meningkatnya tinggi gelombang di perairan Ternate dan sekitarnya.

Sehingga, personel telah disiagakan untuk mengantisipasi terjadinya banjir akibat hujan deras selama beberapa hari terakhir.

BPBD juga mengimbau kepada seluruh warga yang bertempat tinggal dan beraktivitas di sekitar daerah pesisir pantai atau lokasi yang sekiranya berpotensi terjadi bencana banjir pesisir rob dan gelombang pasang agar selalu waspada apabila terjadi angin kencang dan gelombang tinggi. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini