Bantuan Alat Pertanian Dukung Pemberdayaan Kelompok Tani Aru

Share:

Sejumlah kelompok tani yang tersebar pada sejumlah kecamatan di Kabupaten Kepulauan Aru memanfaatkan mesin pemipil jagung dan merin perontok padi, Jumat (3/3/2023).

satumalukuID -  Bantuan alat pertanian berupa mesin perontok atau pemipil jagung dan perontok padi dari pemerintah tahun anggaran 2022 turut mendukung program pemberdayaan kelompok tani di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku.

"Kelompok tani yang tersebar pada beberapa kecamatan di Kabupaten Kepulauan Aru telah memanfaatkan bantuan alat pertanian ini secara baik," kata ketua komisi II DPRD Maluku, Johan Lewerissa di Ambon, Jumat (3/3/2023).

Pemerintah dalam tahun anggaran 2022 mengalokasikan anggaran Rp442,1 juta untuk pengadaan alat dan mesin pertanian berupa tujuh unit mesin perontok jagung (corn sheller) dan satu unit corn sheller mobile.

Kemudian ada tiga unit mesin perontok padi (power thresher) serta dua unit power thresher multiguna ditambah satu unit mesin power thresher mobile.

Menurut dia, alokasi fisik dan keuangan dana yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2022 di Kabupaten Kepulauan Aru ini untuk mendukung program kegiatan tanaman pangan dengan memberikan nilai tambah serta daya saing industri.

"Mesin pemipil jagung, misalnya berfungsi untuk memisahkan biji jagung dengan tongkolnya, dan ini merupakan salah satu alat yang dirancang untuk memperbaiki hasil jagung pipilan," ucap Johan.

Sementara kelompok tani yang mendapatkan bantuan alat mesin tersebar di Desa Karangguli, Kelurahan Siwalima, serta Desa Durjela di Kecamatan Pulau Aru.

Ketua kelompok tani Lestari di Desa Karangguli, Julius Selitaniny mengapresiasi pemerintah yang telah memberikan bantuan peralatan berupa mesin pemipil jagung untuk menunjang pekerjaan mereka.

"Dalam kelompok tani kami terdapat 25 anggota dan sekarang mereka lebih mudah bekerja untuk memisahkan biji jagung pipilan dari tongkolnya saat panen tidak lagi secara manual," kata Julius. (Daniel Leonard/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini