Pengoperasian Rumah Kemasan Bantu Pemasaran UKM di Ambon

Share:

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena meresmian rumah kemasan, di kawasan Passo, kecamatan Baguala Kota Ambon, Rabu (1/2/2023).


satumalukuID - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mengoperasikan rumah kemasan guna penyiapan fasilitas pendukung pengembangan produk pangan lokal dan membantu pemasaran pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

"Rumah Kemasan yang dibangun oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Ambon lewat Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Kementerian Perindustrian  2021, pelaku UKM Ambon kini dapat meningkatkan produksi dan pemasaran produk," kata Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena, saat peresmian rumah kemasan, di Ambon, Rabu (1/2/2023).

Ia mengatakan, rumah kemasan dilengkapi sarana dan prasarana memadai berupa peralatan cetak kemasan yang cukup lengkap, serta tenaga desain grafis.

"Kehadiran rumah kemasan akan meningkatkan produksi dan pemasaran seiring, karena pelaku usaha tidak perlu memesan kemasan dari luar, atau menggunakan plastik untuk mengemas produk," katanya.

Pemkot katanya, dengan kewenangan yang dimiliki berupaya agar hasil produksi UKM dan IKM dapat dipasarkan di retail modern, dan juga masuk e-Katalog lokal.

Saat ini cukup banyak retail modern di kota Ambon, dengan kewenangan Pemkot maka pelaku usaha dapat menjual hasil produk.

"Kemasan yang dibuat menyesuaikan kearifan lokal Ambon, tetapi tidak menutup kemungkinan bagi pelaku usaha untuk menciptakan kemasan yang unik dan menarik," katanya.

Ia menambahkan, jasa pada rumah kemasan ini akan bermanfaat agar kemasan produk dapat memenuhi kualitas ekspor serta menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Dari jasa yang disiapkan berupa pembuatan kemasan sesuai ukuran dan bahan yang digunakan, maka akan disiapkan regulasi dalam menarik retribusi dalam menetapkan tarif kemasan yang dibuat," katanya.

Rumah kemasan kota Ambon ini merupakan satu-satunya di Provinsi Maluku, yang juga dapat dimanfaatkan oleh kabupaten dan kota lainnya. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini