Kolonel Yosua Dominggus Aipassa Dipromosikan menjadi Laksamana Pertama

Share:

Colonel Laut (T) Yosua Dominggus Aipassa, kedua dari kanan.

satumalukuID - Kolonel Laut (T) Yosua Dominggus Aipassa dipromosikan menjadi Laksamana Pertama (Laksma) dan ditunjuk sebagai Komandan Komando Penyelam dan Penyelamatan Bawah Air (Dankoppeba) Koarmada RI pada 17 Juli 2023. 

Yosua Dominggus Aipassa adalah putra daerah Maluku dan sebelumnya menjabat sebagai Wadan Koppeba Koarmada RI sebelum promosi ini. 

 

Ia merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 40 dan pernah menjabat sebagai Pabandya Daljarlat Mako Akademi TNI. 

 

Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Komandan Satuan Komando Pasukan Katak (Dansatkopaska) Koarmada I dan mengikuti Pendidikan Regular Sesko TNI.

 

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, juga mengumumkan sejumlah mutasi dan promosi di TNI yang melibatkan 96 perwira tinggi dari TNI AD, TNI AL, dan TNI AU. 

 

[cut]

Beberapa posisi penting yang mengalami pergantian adalah Pangkogabwilhan III dan tujuh Pangdam. Misalnya, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa digantikan oleh Mayjen TNI Syafrial, sementara Ruruh ditunjuk untuk mengisi posisi Pa Sahli Tk.III KSAD Bid Intekmil dan Siber. 

 

Selain itu, Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema digantikan oleh Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, dengan Gabriel Lema pindah ke posisi Pa Sahli Tk.III KSAD Bid Polkamnas.

 

Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon, yang sebelumnya menjabat sebagai Inspektur Jenderal TNI AD (Irjenad), menjadi Pangkogabwilhan III menggantikan Letjen TNI Agus Suhardi yang memasuki masa pensiun. Sedangkan posisi Irjenad dijabat oleh Mayjen TNI Alfred Denny Tuejeh, yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam XIII/Merdeka.

 

Selain itu, terdapat juga pergantian di beberapa Pangdam lain, termasuk Pangdam Udayana, Siliwangi, Sriwijaya, dan Bukit Barisan.

 

Mutasi dan promosi ini merupakan bagian dari dinamika organisasi militer dalam rangka penyegaran dan rotasi pimpinan untuk memperkuat kinerja dan efektivitas TNI dalam menjalankan tugas-tugasnya. (novi p)

 

 

Share:
Komentar

Berita Terkini