Maluku FC Memastikan Diri Lolos Final Liga 3 Maluku Usai Tekuk JAFC

Share:

 

Para pemain berjabat tangan usai laga JAFC kontra Maluku FC

satumalukuID - Klub sepak bola Maluku FC dipastikan melaju ke babak final Liga 3 Maluku usai menang tipis 2-1 atas Jong Ambon FC (JAFC) di laga terakhir fase grup.

"Ya Alhamdulillah hari ini kita bisa memenangkan pertandingan, itu yang terpenting," ujar manajer Maluku FC Saidna Azhar Bin Thahir di Ambon, Selasa (21/2/2023).

Menurut Saidna kemenangan tim berjuluk Pattimura Muda tersebut tak terlepas dari semangat punggawanya yang disiplin melakukan transisi bertahan dan menyerang sepanjang jalannya laga.

Meskipun sempat menduduki peringkat ketiga pada klasemen sementara namun Maluku FC mampu membuktikan diri untuk selangkah lebih baik daripada rival sekotanya Jong Ambon FC.

Padahal jika melihat raport keduanya sepanjang kompetisi Liga 3 2022 ini bergulir Jong Ambon FC mencatat clean sheet beruntun dalam lima laga sebelumnya.

Sedangkan Maluku FC harus kebobolan empat gol dalam lima laga sebelumnya.

"Bagi kami jangan euforia berlebihan atas kemenangan ini, Jong Ambon baik sekali, namun Alhamdulillah keberuntungan masih berpihak ke Maluku FC," ujarnya.

Maluku FC sempat membuka keunggulan sementara pada tiga menit jelang turun minum melalui Muhammad Iksan Lestaluhu setelah berhasil mengelabui penjaga gawang Jong Ambon Alyev Salihamidsic.

Unggul satu gol membuat Maluku FC bermain pada area pertahanannya sendiri.

Hal itu membuat Jong Ambon FC pun harus berjibaku menyamakan kedudukan agar dapat lolos ke babak final.

Pasalnya Jong Ambon hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos.

Pada babak kedua Jong Ambon akhirnya bisa memecah kebuntuan dengan mencetak gol lewat Muhammad Sia pada menit 70 waktu normal dengan memanfaatkan skema tendangan bebas oleh kapten tim Rusli Kiang.

Pertandingan pun berjalan semakin seru mengingat Maluku FC yang tadinya bermain bertahan kini dipaksa kembali menyerang dan harus menggandakan keunggulan agar lolos ke babak final.

Upaya anak-anak Pattimura Muda pun akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-82 berkat gol yang diciptakan oleh pemain bernomor punggung 18 Heldy Wira dan seketika gol kedua Maluku FC tersebut membuat seisi lapangan bergemuruh.

Alih-alih melakukan serangan balik untuk mengejar ketertinggalan Jong Ambon justru kehilangan banyak kesempatan lantaran banyak membuang bola di area pertahanan sendiri dan memberikan lima kali sepak pojok bagi Maluku FC.

Skor 2-1 pada pertandingan tersebut bertahan hingga wasit Richard Souhuwat meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Dengan demikian Maluku FC akan menghadapi Garuda FC Seram Bagian Timur (SBT) pada laga final nanti untuk memperebutkan tiket menuju Liga 3 Nasional.

"Setelah ini kami langsung fokus untuk menghadapi Garuda FC di final, saya harap seluruh pemain bisa lebih siap," tegas Saidna. (Ode Dedy Lion Abdul Azis/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini