Gubernur Maluku Luncurkan Kalender Pariwisata Maluku 2023

Share:

Gubernur Maluku Murad Ismail resmi meluncurkan Kalender Pariwisata Maluku 2023.
Photo: Dedy Azis/ant



satumalukuID - Gubernur Maluku Murad Ismail meluncurkan Kalender Kegiatan Pariwisata Maluku 2023 di Monumen Gong Perdamaian Dunia Kota Ambon ditandai dengan menekan monitor layar sentuh.

Acara ini untuk mempromosikan pariwisata Maluku, meningkatkan kunjungan wisatawan, dan memberdayakan potensi lokal," ujar Gubernur Maluku Murad Ismail di Ambon, Sabtu (4/2/2023) malam.
 
Lebih lanjut Gubernur Murad mengatakan peluncuran kalender tersebut memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya di Maluku.
 
"Saya mengajak kita semua untuk menjadi agen-agen dalam mempromosikan Maluku sebagai provinsi yang memiliki keanekaragaman, kekayaan alam, serta beragam atraksi seni dan budaya," ucap orang nomor satu di Maluku itu.
 
Terlebih lagi pada November 2023 Maluku akan menjadi tuan rumah untuk malam puncak Pesona Indonesia oleh Asosiasi Pariwisata Indonesia (API).
 
"Guna menyukseskan semua ini, diperlukan dukungan semua pihak, baik TNI, Polri, BUMN, BUMD, Perbankan dan segenap masyarakat terutama pemerintah daerah kabupaten/kota," kata dia
 
Pesona Indonesia adalah sebuah kampanye pariwisata Indonesia yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI untuk mempromosikan tempat-tempat wisata di Indonesia.
 
Nama "Pesona Indonesia" digunakan untuk pasar domestik, sedangkan untuk pasar internasional yang umumnya berbahasa Inggris digunakan nama Wonderful Indonesia.
 
Pada kesempatan yang sama Gubernur Murad juga memberikan sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) kepada tiga Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yaitu Rumah Kopi Sibu-sibu, aplikasi Pigi Pasar, dan Mi Sehat Cempaka Indah karena turut berkontribusi dalam membangun perekonomian Maluku.
 
Sementara itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno secara daring menyampaikan dukungan penuh atas terselenggaranya kegiatan pariwisata di Maluku.
 
"Semoga 'event' ini akan berlangsung dengan baik serta meningkatkan sektor pariwisata Maluku," ujarnya.
 
Dinas Pariwisata Maluku telah mengumumkan sebanyak 32 kegiatan sektor pariwisata di Maluku 2023 antara lain Festival Pukul sapu lidi di Desa Mamala dan Morella, Abdau di Tulehu, hingga Nen dit sak mas di Maluku Tenggara.
 
Peluncuran tersebut turut dihadiri unsur Forkopimda Maluku di antaranya, Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI. Ruruh Aris Setyawibawa, Danlanud Pattimura, Kol. Pnb. Tiopan Hutapea.
 
Kemudian Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nathaniel Orno, Ketua TP PKK Maluku, Widya Pratiwi Murad, Sekda Maluku Sadali Ie beserta isteri.
 
Serta Wakapolda Maluku, Brigjen Pol. Stephen M Napium, para Bupati/Walikota, Kepala Dinas Pariwisata Maluku, Afandi Hasanussi serta para pimpinan OPD Lingkup Provinsi Maluku. (Ode Dedy Lion Abdul Azis/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini