SAR Ternate Tangani Lima Kejadian selama Siaga Natal-Tahun Baru 2023

Share:

Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate resmi menutup pelaksanaan Siaga SAR Khusus Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

satumalukuID - Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Ternate, Maluku Utara (Malut), resmi menutup pelaksanaan Siaga SAR Khusus Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dan menangani lima kejadian musibah di berbagai daerah di Malut.

Kepala Kantor SAR Ternate Fathur Rahman di Ternate, Rabu (4/1/2023), mengatakan pelaksanaan Siaga SAR Khusus Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 telah berjalan dengan baik dan seluruh personel menjalankan tugas, terutama dalam penanganan lima kejadian selama operasi siaga SAR Khusus.

Dia menyatakan dari lima musibah yang ditangani yaitu kapal feri mengalami mati mesin di perairan Sofifi, kondisi membahayakan jiwa manusia satu orang tenggelam di pantai Dorpedu Ternate, satu orang tenggelam saat memanah ikan di Pulau Meti Kabupaten Halmahera Utara.

Selain itu tiga orang hanyut dengan longboat di perairan Desa Tobalai, Pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan dan satu orang hanyut saat melaut di perairan Desa Waigai, Kepulauan Sula.

Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru sendiri dilaksanakan pada 18 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023. Apel Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru Kantor SAR Ternate ini diikuti oleh para pejabat dan seluruh personel.

Fathur berpesan, walaupun siaga SAR Khusus telah selesai namun, seluruh personel tetap menjaga kesiapsiagaan. Baik itu kesiapan personel serta kesiapan alat utama karena musibah maupun bencana dapat sewaktu-waktu terjadi.

"Begitu juga dengan personel yang berada di Pos SAR Tobelo, Unit Siaga Sar Bacan, Unit Siaga SAR Morotai dan Unit Siaga Sanana. Dalam pelaksanaan siaga SAR Khusus ini Kantor SAR Ternate mendapat lima kejadian musibah maupun kondisi membahayakan jiwa manusia, namun semua itu dapat dilaksanakan dan ditangani dengan baik," katanya.

Sementara itu, penutupan ditandai dengan melaksanakan apel penutupan Siaga SAR Khusus yang dipimpin dan ditutup langsung oleh Kepala Kantor SAR Ternate Fathur Rahman.

Dalam pelaksanaan koordinasi dengan instansi potensi SAR yang berada di wilayah kerja Kantor secara bersama sama telah melaksanakan Siaga SAR khusus baik di pelabuhan maupun Bandara serta obyek wisata lainnya telah dilaksanakan sinergi yang baik, seperti bersama-sama memantau penumpang yang datang dan berangkat baik di posko bandara maupun di pelabuhan. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini