Pohon Besar Tumbang Akibatkan Lalu Lintas ke Bandara Ternate Tertutup

Share:


satumalukuID - Sebuah pohon berukuran besar tumbang di Kota Ternate, Maluku Utara, Minggu, mengakibatkan arus lalu lintas menuju Bandara Sultan Baabullah Ternate tertutup sehingga harus dialihkan melalui jalan alternatif.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, Iksan Hamzah dihubungi di Ternate, Minggu (29/1/2023), mengatakan pohon tumbang itu juga mengakibatkan sebuah rumah warga di kawasan Dufa- Dufa rusak.

Iksan Hamzah mengatakan tumbangnya pohon dengan berukuran besar tersebut akibat curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang mengguyur daerah ini sejak sepekan terakhir.

Selain satu unit rumah warga rusak, sebuah mobil juga mengalami kerusakan akibat kejadian tersebut pada Minggu sekitar pukul 8.30 WIT.

Pohon berukuran besar yang tumbang tersebut membuat arus lalu lintas di Jalan Raya Batu Angus dari pusat kota menuju Bandara Sultan Baabullah Ternate terganggu dan arus lalu lintas alihkan ke Jalan Cakalang Dufa-Dufa.

Ikhsan mengatakan, pihaknya akan memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya mengalami musibah guna dapat memperbaiki rumah mereka yang rusak akibat tertimpa pohon.

"Beruntung saat terjadi pohon berukuran besar yang tumbang tidak ada korban jiwa, karena pada saat kejadian tidak ada kendaraan yang melintasi di jalan itu, oleh karena itu, kami akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk dapat memangkas pohon yang berada di sepanjang jalan tujuannya untuk menghindari kejadian serupa," katanya.

Dia mengimbau masyarakat di daerah ini untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca buruk seperti hujan lebat, angin kencang yang disertai gelombang tinggi yang melanda Kota Ternate hingga beberapa hari ke depan

Sementara itu, Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sultan Baabullah Ternate, Justia PD Galensong menyatakan umumnya cuaca berawan dengan potensi hujan ringan – sedang di wilayah Obi, Gebe, Taliabu, Mangole, Ibu, Loloda, Bacan, Tobelo, Galela dan sekitarnya.

Sedangkan sore hingga Malam diprediksi berawan tebal dengan potensi hujan ringan – lebat di wilayah Ternate, Tidore, Hiri, Sofifi, Sidangoli, Jailolo, Taliabu, Bobong, Mangole, Morotai, Tobelo, Kao, Galela, Maba, Buli, Wasile, Weda, Patani, Ibu, Loloda, Bacan, Gane barat, dan sekitarnya.

​​​​​​BMKG telah mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat di sertai petir dan angin kencang di wilayah Tobelo, Kao, Morotai Utara, Morotai pada siang dan sore hari. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini