1.041 Pengendara di Ternate Terekam ETLE Langgar Lalulintas

Share:

Kamera ETLE terpasang Jalan Hasan Esa Kelurahan Takoma, Kota Ternate.

satumalukuID - Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Maluku Utara (Malut) mencatat sebanyak 1.041 pengendara roda dua dan roda empat terekam melakukan pelanggaran lalulintas sesuai hasil rekapan pemberlakuan tilang elektronik dengan kamera Elektronic Trafic Law Enforcement (ETLE).

"Sesuai hasil tilang elektronik, sebanyak 1041 pelanggar dan paling banyak tidak menggunakan sabuk keselamatan dan helm," kata Direktur Ditlantas Polda Malut, Kombes Pol Imam Pribadi Santoso melalui Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Malut, Kompol Hendra Gunawan di Ternate, Selasa (3/1/2023).

Dia menyebut, para pengendara tertangkap kamera etle, warga kota Ternate banyak tidak memakai sabuk pengaman dan tidak mengenakan helm saat berkendara pada Senin (2/1/2023) kemarin.

Selain itu, ada pengendara saat berkendara gunakan handphone dan tertangkap oleh kamera ETLE. Tinggal para pelanggar tersebut menunggu konfirmasi pemberitahuan dari kantor pos terdekat.

"Tentunya, sesuai hasil yang direkap, maka para pelanggar itu tetap kita lakukan penindakan," kata Hendra.

Sementara itu, pada Minggu (1/1) direkam sebanyak 2 ribu lebih pelanggar yang terekam oleh kamera ETLE selama sehari penuh selama Jalan Hasan Esa, terutama di dua lokasi persimpangan lampu merah Siko dan kawasan Takoma Kota Ternate.

"Mereka yang tidak menggunakan sabuk ada 1.330, menggunakan hp saat berkendara itu ada enam pengendara, tidak menggunakan helm itu ada 800 pengendara dan didominasi oleh sabuk keselamatan serta helm," katanya.

Dirinya penyebut, sesuai data ribuan pelanggar itu akan dilihat secara selektif sebelum mengirim surat tilang sesuai jenis pelanggaran.

"Nanti kita lihat dulu data kendaraan dan selanjutnya akan berkoordinasi dengan kantor Pos, sebab proses baru permulaan jadi ada hal-hal teknis yang masih kita benahi agar lebih optimal," katanya.

Selain itu, kata Hendra, akan ada tilang elektronik mobile lagi, ada anggota yang patroli dan memfoto para pelanggar yang sedang duduk manis di atas kendaraan, jika dilihat secara kasat mata ada yang tidak menggunakan helm dan pelanggaran lainnya.

Sementara itu, dari ribuan pelanggar itu rupanya yang paling banyak terekam kamera adalah yang tidak menggunakan sabuk pengaman bagi kendaraan roda empat disusul tidak menggunakan helm bagi kendaraan roda dua baik itu pembonceng maupun helm yang tidak sesuai SNI. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini