Pemerintah Kota Ternate Sediakan Internet Gratis

Share:

Ruang publik Taman Nukila di Kota Ternate, Malut.

satumalukuID - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskomsandi) akan menyediakan internet gratis bagi masyarakat, terutama di berbagai ruang publik.

"Ketersediaan fasilitas internet gratis ini merupakan implementasi dalam mendukung program smart city di empat titik ruang publik," kata Plt Kadis Komsandi Kota Ternate Ternate Damis B di Ternate, Malut, Senin (12/12/2022).

Kota Ternate memiliki sejumlah ruang publik dimanfaatkan masyarakat seperti Taman Mangga Dua, kawasan Masjid Raya, Taman Nukila dan Benteng Oranye, sehingga dengan adanya ketersediaan fasilitas internet gratis bisa membantu mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, pihaknya telah merancang anggaran sebesar Rp1 miliar yang dianggarkan melalui APBD 2023 untuk ketersediaan fasilitas internet gratis bagi masyarakat saat memanfaatkan ruang publik.

Sementara itu, sejumlah pulau terluar di Kota Ternate, mendapatkan koneksi akses internet dan salah satunya telah disediakan di Kecamatan Pulau Hiri, Kota Ternate.

Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman saat dihubungi sebelumnya mengapresiasi kinerja PT Telkom dalam membangun internet di tiga pulau terluar Kota Ternate.

Tauhid bersama General Manager Telkom Wilayah Sulawesi Utara-Maluku Utara Lonely Baringin meresmikan koneksi akses internet di Kecamatan Pulau Hiri.

Pengoperasian internet di Kecamatan Pulau Hiri adalah komitmen pemkot dalam memberikan rasa keadilan terhadap warga di luar Pulau Ternate.

Dari jumlah penduduk Kota Ternate sebanyak 205 ribu jiwa, populasi di Pulau Ternate mencapai 80 persen. Sementara, sisanya tersebar di Pulau Hiri, Moti, dan Batang Dua. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini