Lantamal IX Gelar Bakti Sosial Kesehatan untuk Warga Pulau Osi

Share:

Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI Said Latuconsina memantau pelaksanaan bakti sosial kesehatan bagi warga di Pulau Osi, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Rabu (30/11/2022).
Photo: HO/Dispen Lantamal IX Ambon/ant

satumalukuID - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon menggelar bakti kesehatan untuk warga di Pulau Osi, dan Desa Eti, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Rabu (30/11/2022).

"Bakti kesehatan yang dilaksanakan saat ini sebagai bentuk kepedulian jajaran TNI Angkatan Laut kepada masyarakat maritim," kata Komandan Lantamal IX Ambon, Brigjen TNi Said Latuconsina, Rabu (30/11/2022).

Said yang didampingi Ketua Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada III Widiya Said Latuconsina menyatakan, bakti kesehatan dilaksanakan atas Instruksi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono untuk untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Armada RI tahun 2022.

"Kali ini bakti sosial kesehatan dilaksanakan untuk warga pesisir di luar Kota Ambon, terutama di Pulau Seram," kata Said.

Sebanyak 23 tenaga medis Lantamal IX Ambon diterjunkan untuk melayani bakti kesehatan kepada masyarakat, diantaranya lima dokter umum, tiga dokter spesialis, dua apoteker, 10 perawat serta tiga orang ahli gizi. Tim medis juga dibantu 20 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes)Maluku Husada.

Pelayanan kesehatan yang dilaksanakan tim Lantamal IX antara lain pelayanan kesehatan umum, pemeriksaan dan pelayanan Keluarga Berencana (KB), Pemeriksaan Infeksi Virus Akut (IVA) serta distribusi obat-obatan.

Bakti kesehatan yang juga menjangkau warga Pelita Jaya dan Desa Eti itu, diharapkan untuk berdampak menciptakan masyarakat yang sehat agar dapat menjalankan aktivitas produktif pada sektor kemaritiman,

Camat Seram Barat Bertje Akollo menyambut positif bakti kesehatan yang dilaksanakan Lantamal IX, karena berdampak mendekatkan masyarakat dengan akses pelayanan kesehatan yang memadai.

"Bakti kesehatan ini sangat berdampak positif, terutama bagi orang tua, lansia dan anak-anak yang tidak dapat setiap saat mengunjungi rumah sakit atau puskesmas untuk memeriksakan kesehatannya," ujarnya.

Sedangkan Kepala Dusun Pulau Osi Yusuf Siplimbona, menyampaikan terima kasih kepada jajaran Lantamal Ambon atas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada warganya. "Atas nama warga saya menyampaikan terima kasih yang mendalam atas bakti kesehatan yang dilaksanakan bagi semua warga Pulau Osi, maupun bagi warga beberapa desa tetangga lainnya," katanya.

Sebelumnya, Lantamal IX Ambon juga menggelar bakti kesehatan bagi warga Negeri Piliana, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah pada Sabtu (26/11/2022). (Jimmy Ayal/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini