Lantamal IX Ambon Luncurkan Ambulans Laut

Share:

Ambulans laut Dinas Kesehatan Lantamal IX Ambon sandar di Dermaga Lantamal IX Ambon.
Photo: HO Dispen Lantamal IX Ambon/ant

satumalukuID - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon meluncurkan ambulans laut yang akan dioperasikan oleh Dinas Kesehatan Lantamal IX untuk mendukung penyelenggaraan pelayanan kesehatan bagi warga.

Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI Said Latuconsina di Kota Ambon, Jumat (2/12/2022), menyerahkan berita acara pengoperasian rigit inflatable boat (RIB) ambulans laut kepada Kepala Dinas Kesehatan Lantamal IX Letkol Laut (K) Rully Siregar.

Said mengemukakan pentingnya pengoperasian ambulans laut untuk mendukung pelayanan kesehatan di wilayah Maluku, yang meliputi pulau-pulau yang dipisahkan oleh laut.

"Karena 92,4 persen luas wilayah Maluku adalah laut sehingga transportasi laut sangat dibutuhkan dan memegang peranan penting untuk mobilisasi masyarakat, termasuk untuk pelayanan kesehatan," katanya.

"Dengan pengoperasian RIB ambulans laut ini masyarakat yang membutuhkan evakuasi dalam situasi darurat dari tempat tinggal yang jauh dapat lebih terbantu untuk menuju ke fasilitas kesehatan," ia menambahkan.

Ambulans laut yang dioperasikan oleh Dinas Kesehatan Lantamal IX Ambon berupa perahu cepat berukuran panjang 12 meter yang memiliki dua tempat tidur pasien.

Pengoperasian ambulans laut tersebut didukung tim medis profesional serta personel satuan patroli Lantamal IX.

Sarana tersebut dapat dimanfaatkan oleh warga yang memerlukan pelayanan medis di rumah sakit rujukan yang bermitra dengan BPJS Kesehatan selaku penyelenggara program jaminan kesehatan nasional di Kota Ambon.

Kepala Zona Maritim Timur Bakamla Haris Djoko Nugroho, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy, serta pejabat utama Lantamal IX menghadiri acara peresmian ambulans laut tersebut. (Jimmy Ayal/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini