65 Calon Dokter Unpatti Ambon Dapat Beasiswa Kemenkes

Share:

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Dr.dr.Bertha J Que, Sp.S.,M.Kes.
Photo: HO/ant

satumalukuID - Sebanyak 65 calon dokter yang mengikuti pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Provinsi Maluku memperoleh beasiswa afirmasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Dekan Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon dr. Bertha J. Que di Ambon, Senin (13/12/2022), membenarkan alokasi beasiswa afirmasi untuk 65 mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan kedokteran di Unpatti Ambon.

Dia mengapresiasi pemberian beasiswa afirmasi dari Kemenkes untuk para mahasiswa di universitas negeri terkemuka di Maluku itu.

"Banyak pusat-pusat layanan kesehatan di daerah yang kosong tenaga dokter, termasuk di Maluku. Dengan adanya program beasiswa ini mahasiswa akan terbantu pembiayaan pendidikannya dan setelah menjadi dokter akan ditempatkan sesuai peta penempatan yang diatur oleh Kemenkes," katanya.

Dia berharap, program beasiswa afirmasi berdampak makin banyak tenaga kesehatan yang dapat menempati pusat layanan kesehatan di Provinsi Maluku.

"Fakultas Kedokteran selalu berkomitmen untuk setiap lulusannya siap ditempatkan di mana saja di Maluku," katanya.

Dia membenarkan alokasi beasiswa afirmasi itu telah ditindaklanjuti dengan penandatangan nota kesepahaman pengembangan dan pemberdayaan SDM kesehatan antara Dirjen Tenaga Kesehatan Kemenkes dengan Unpatti Ambon pada 5 Desember 2022.

Nota kesepahaman itu, menurut Ketua Tim Penyiapan Dokter dan Dokter Spesialis Ditjen Tenaga Kesehatan Kemenkes Bushrah Tahirah, untuk meningkatkan kerja sama dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta pengembangan dan pemberdayaan SDM di bidang kesehatan melalui Fakultas Kedokteran Unpatti.

"MoU (nota kesepahaman) yang ditandatangani untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, sekaligus implementasinya termasuk pemberian beasiswa afirmasi kepada mahasiswa program studi pendidikan dan profesi Kedokteran Unpatti Ambon," katanya.

Dia menambahkan tahun mendatang beasiswa afirmasi akan dibuka untuk mahasiswa program studi kedokteran gigi.

"Untuk tahun ini telah terpilih 65 calon peserta dari Maluku yang akan mengikuti beasiswa afirmasi. Setelah selesai mereka akan mengabdi di kabupaten/kota di Maluku," katanya. (Jimmy Ayal/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini