Warga Ternate Sambut Piagam Pahlawan Nasional Salahuddin

Share:

Ratusan warga Ternate, menyambut rombongan membawa piagam Pahlawan Nasional Salahuddin bin Talabuddin saat tiba di Bandara Sultan Baabullah Ternate pada Kamis (10/11/2022).

satumalukuID - Ratusan warga Ternate, Maluku Utara (Malut) menyambut rombongan membawa Piagam Pahlawan Nasional Salahuddin bin Talabuddin saat tiba di Bandara Sultan Baabullah Ternate, Kamis (10/11/2022).

Piagam tersebut di bawa Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara bersama ahli waris Sahabu Talabuddin, usai diterima dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada 7 November 2022 di Istana Negara.

Kepala Dinas Pariwisata Halteng, Husain Ali, menyebutkan piagam tersebut di bawa Bupati Edi Langkara bersama ahli waris bersama sejumlah OPD dari Pemda Halteng di arak keliling Kota Ternate.

Bahkan, ratusan masyarakat Kelurahan Salahuddin Kota Ternate, melakukan penjemputan tim pembawa piagam pahlawan nasional Hi Salahuddin Bin Talabuddin yang dianugrahkan oleh presiden RI Joko Widodo di istana pada Senin 7 November 2022.

"Masyarakat di Ternate akan menyambut kehadiran rombongan penerima piagam Pahlawan Nasional, Salahuddin Bin Talabuddin untuk diarak keliling kota dan kemudian akan di bawa ke Kabupaten Halmahera Tengah," katanya.

Selanjutnya iring – iringan rombongan melewati Lapangan Salero, Tapak II – Mall Jati Landmark, Jalan Pahlawan Revolusi, Jalan Mononutu, Kalumpang, Makam Haji Salahuddin Kelurahan Salahuddin untuk berziarah, kemudian, rombongan menuju Kelurahan Salahuddin Kota Ternate untuk mengenang perjalanan Pahlawan Nasional, Salahuddin bin Talabuddin.

Usai membacakan doa di makam Pahlawan Nasional, Alm. H Salahuddin bin Talabuddin, selanjutnya rombongan menuju Pelabuhan Residen dan menyeberang ke Sofifi, untuk melanjutkan perjalanan ke Weda, Kabupaten Halmahera Tengah.

Dia menjelaskan, setelah rombongan tiba di Weda, diadakan upacara pengibaran bendera berukuran 18 meter, dengan lebar 8,7 meter, sebagai bentuk penghormatan.

Bendera raksasa yang nanti dikabarkan saat upacara hari pahlawan ini melambangkan kelahiran Pahlawan Nasional Haji Salahuddin bin Talabuddin yang jatuh pada tahun 1887.

Seperti diketahui, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi menganugerahkan gelar pahlawan nasional tahun 2022 kepada lima tokoh dari berbagai daerah yang telah berjasa bagi bangsa dan negara.

Penganugerahan gelar tersebut berlangsung di Istana Negara di Jakarta pada Senin 7 November 2022.

Presiden Jokowi usai prosesi penganugerahan mengatakan pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada tokoh-tokoh yang telah memberikan kontribusi besar kepada bangsa dan negara.

Penganugerahan ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 96/TK/Tahun 2022 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 3 November 2022.

Kelima tokoh yang diberikan gelar pahlawan nasional dalam rangka Hari Pahlawan Tahun 2022 tersebut adalah Almarhum Dr. dr. H. R. Soeharto, dari Jawa Tengah, Almarhum KGPAA Paku Alam VIII, dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Almarhum dr. R. Rubini Natawisastra, dari Kalimantan Barat, Almarhum H. Salahuddin bin Talabuddin, dari Maluku Utara dan Almarhum K.H. Ahmad Sanusi, dari Jawa Barat. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini