Pedagang Musiman di Ternate Jual Pernak-pernik Piala Dunia

Share:

Sejumlah pedagang musiman di kawasan Gamalama Kota Ternate, memanfaatkan perhelatan piala dunia tahun 2022 Qatar 20 November hingga 18 Desember dengan menjual pernak-pernik tim berlaga di Piala Dunia.

satumalukuID - Sejumlah pedagang musiman di kawasan Gamalama Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) memanfaatkan perhelatan Piala Dunia Qatar 2022 20 November hingga 18 Desember dengan menjual pernnegara-negara-negara peserta ikut turnamen sepak bola empat tahunan itu.

Salah seorang pedagang pernak-pernik Piala Dunia 2022, Muhammad Zaldi, Minggu (6/11/2022), mengatakan, warga sebagian besar membeli pernak-pernik mulai dari jersey, bendera, hingga topi.

Kebanyakan pernak-pernik yang laris terjual yakni atribut dari Argentina, Brazil, Spanyol dan Jerman.

Menurut dia, negara Argentina, Brazil hingga Negara Eropa seperti Spanyol dan Jerman sangat diminati, mulai dari kaos anak-anak hingga dewasa.

Sehingga, para pedagang memesan banyaknya pernak-pernik khusus untuk Argentina dan Brazil, karena pecinta sepak bola di Ternate sebagian besar memfavoritkan negara Amerika Latin tersebut.

Menurut dia, hingga dua pekan berjualan, omzet yang diraih mencapai belasan juta rupiah terutama untuk penjualan jersey.

Untuk jersey berkualitas bagus dijual dengan harga antara Rp150 ribu hingga Rp250 ribu per buah, sedangkan untuk kaos yang standar dijual dengan harga Rp70 ribu hingga Rp100 ribu per buah.

Begitu pula, untuk kaos ukuran anak-anak dijual dengan harga variatif yakni dari harga Rp50 ribu hingga Rp75 ribu per buah. Untuk bendera ukuran kecil dijual dengan harga Rp50 ribu per buah dan berukuran besar dijual dengan harga Rp150 ribu per buah.

"Selama dua pekan berdagang di kawasan Plaza Gamalama ini, kami setiap hari dapat menjual dengan penghasilan sebesar Rp750 ribu hingga Rp1 juta, untuk hari libur seperti Sabtu dan Minggu hari ini, para pecinta olahraga dapat membeli hingga di atas Rp2 juta," katanya.

Sementara itu, Kadispora Kota Ternate, Sutopo Abdullah mengakui jika pencinta sepak bola di Kota Ternate kebanyakan sangat memfavoritkan timnas Argentina dan Brazil, sehingga banyak jersey kedua negara itu terjual

Kendati demikian, dirinya mengimbau kepada warga untuk tetap menjaga suasana kamtibmas dan jangan bereuforia berlebihan mendukung tim dan mari bersama-sama menjaga sportifitas dan menjunjung semangat persaudaraan.

Sementara itu, Kapolres Ternate, AKBP Andik Purnomo Sigit ketika dihubungi terpisah mengimbau kepada seluruh warga Ternate untuk tidak terlalu euforia dalam mendukung timnya di Piala Dunia tahun 2022 dan tidak mengganggu suasana kamtibmas dan kenyamanan warga. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini