Menko Marves Tinjau Kawasan Sail Tidore Maluku Utara

Share:

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marvest) RI Luhut Binsar Pandjaitan meninjau lokasi Sail Tidore Expo 2022, di Kawasan Pantai Tugulufa.

satumalukuID - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meninjau lokasi Sail Tidore Expo 2022, di Kawasan Pantai Tugulufa, Maluku Utara, Sabtu (26/11/2022), setelah meresmikan Sail Tidore 2022.

"Sail Tidore 2022 telah dilaksanakan hari ini sangat baik, karena ada dukungan dari semua pihak baik dari KASAL yang telah menggerakkan para kapalnya, Kemendag yang telah mempersiapkan dengan sangat baik. Tak hanya itu, Kementerian Pariwisata juga dapat mendorong pariwisata di Kota Tidore ke depan.” kata Luhut.

Menurut dia, tujuan digelarnya perhelatan Sail Tidore adalah untuk tetap membangun kesatuan dan persatuan bangsa ini.

Luhut menambahkan, penyelenggaraan Sail Tidore Expo yang berjalan dengan bagus merupakan suatu upaya pemerintah untuk membangun usaha-usaha kecil menengah untuk menjadi penggerak utama ekonomi Indonesia.

"Ekonomi kita tidak hanya bertumbuh pada ekonomi besar tetapi justru pada ekonomi-ekonomi kerakyatan, sehingga dengan program e-katalog dan program bangga buatan Indonesia, sangat semarak sekali terlihat di mana-mana dengan program buatan Indonesia," kata Luhut.

Dalam kunjungan itu, Luhut didampingi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba dan Walikota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim

Luhut juga menandatangani prasasti yang menandai peresmian Kawasan Wisata Pantai Tugulafa Kota Tidore Kepulauan, Sentra Promosi Produk IKM Kota Tidore Kepulauan, serta pencanangan pembangunan Monumen Perjuangan Pembebasan Irian Barat Kota Tidore Kepulauan.

Sementara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno saat mengunjungi stan Sail Tidore Expo 2022 mengatakan, Kota Tidore sudah menjadi kawasan strategis Pariwisata Nasional, salah satu unggulan yang dimiliki oleh Kota Tidore Kepulauan adalah wisata bahari, sejarah dan wisata kuliner, namun kemungkinan yang bisa berkembang juga adalah wisata sport dan lingkungan

Sandiaga mengaku, pihaknya akan menggalakkan berbagai ajang seusai Sail Tidore. Dengan begitu, momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi di Tidore bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. “Konkritnya, bagaimana kesejahteraan masyarakat meningkat,” kata Sandiaga.

Sandiaga Uno menegaskan, UMKM di Maluku Utara akan dititipkan kepada pengurus Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Malut untuk mengawal transisi ekonomi demi menambah daya dorong ekonomi di Maluku Utara dari sektor ekstra aktif ke sektor kreatif. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini