Kolam Renang Lantamal Ambon Jadi Arena Pertandingan POPMAL

Share:

Sejumlah perenang mulai berlomba di nomor 50 meter gaya bebas cabang olahraga renang Pekan Olahraga Provinsi Maluku (POPMAL) IV di kolam renang Tirto Sagoro 11, di kompleks Lantamal IX Ambon, Jumat (18/11/2022).
Photo: HO/Dispen Lantamal IX Ambon

satumalukuID - Kolam renang Tirto Sagoro 11 milik Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon yang baru selesai direnovasi, dimanfaatkan sebagai arena utama pertandingan cabang olahraga renang Pekan Olahraga Provinsi Maluku (POPMAL) IV.

Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI Said Latuconsina di Ambon, Jumat (18/11/2022), meresmikan penggunaan kembali kolam renang tertua di Kota Ambon dan Provinsi Maluku itu, sekaligus menandai dimulainya pertandingan cabang olahraga renang yang mempertandingkan dua nomor yakni gaya bebas 50 meter dan 100 meter putra-putri.

Danlantamal yang didampingi Wakil Ketua KONI Maluku Jance Heumasse, Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun dan Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar Daniel Indey, menyatakan, pemanfaatan kolam renang itu akan dibuka untuk umum setelah POPMAL berakhir.

"Keberadaan kolam renang Tirta Sagoro 11 ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan kemampuan olahraga renang pemuda pemudi maupun warga kota Ambon di masa mendatang," katanya.

Selain dibuka untuk umum, kolam renang Tirto Sagoro juga sering digunakan sebagai tempat latihan atlet-atlet renang Kota Ambon dan Maluku, maupun untuk persiapan calon anggota TNI AL untuk mempersiapkan diri mengikuti tes renang.

Pengoperasian kembali kolam renang itu, tambahnya, sesuai visi dan misi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono agar TNI AL berperan aktif mendukung potensi maritim daerah, khususnya dalam pencarian bibit atlet potensial di cabang renang.

Wakil Ketua KONI Maluku Jance Heumasse mengapresiasi dukungan Lantamal IX dengan menyediakan kolam renang Tirto Sagoro sebagai lokasi penyelenggaraan cabang renang POPMAL.

"Kolam renang ini selain memiliki nilai sejarah, juga berdampak melahirkan perenang-perenang handal dari Maluku untuk dipersiapkan menghadapi berbagai kejuaraan di masa mendatang," katanya.

Sedangkan Ketua Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Maluku Henry Marijes Sopacua mengatakan, sebanyak 71 atlet dari 11 kabupaten/kota di Maluku mengikuti renang gaya bebas nomor 50m dan 100m.

"Untuk nomor renang kolam hanya mempertandingkan dua nomor gaya bebas yakni 50m dan 100m dan diikuti 44 atlet putra dan 27 atlet putri dari 11 kabupaten/kota di Maluku. Semua pertandingan hanya berlangsung selama sehari," katanya.

Sedangkan untuk nomor renang di laut mempertandingkan nomor 300 meter dan dijadwalkan berlangsung pada 20 November 2022. (Jimmy Ayal/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini