Kabupaten Taliabu Perkuat Program BKB Menuju Kabupaten Layak Anak

Share:

Ilustrasi - Anak-anak melakukan pemeriksaan kesehatan di Posyandu.

satumalukuID - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Maluku Utara (Malut), perkuat program Bina Keluarga Balita (BKB) di Kabupaten Pulau Taliabu untuk menuju kabupaten layak anak.

"Sasaran BKB adalah semua keluarga yang memiliki balita dengan menitikberatkan pada pembinaan orang tua dan anggota keluarga lainnya yang mempunyai balita dan anak menggunakan Kartu Kembang Anak (KKA) sebagai alat pantau perkembangan anak, program ini tentunya perkuat Taliabu menjadi kabupaten layak anak," kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Malut, Renta Rego di Ternate, Selasa (8/11/2022).

Menurut dia usia balita adalah usia emas perkembangan dan pertumbuhan anak, ketika anak berada di usia ini, Peran orang tua dalam memperhatikan pola asuh dan perkembangan anak menjadi sangat sentral agar buah hati bisa berkembang secara optimal.

"Orang tua sebagai pengasuh dan pendidik, perlu mendapat bekal Ketrampilan dan Pengetahuan yang cukup. Sebab, pola asuh yang diberikan dapat pengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak dalam jangka panjang dan periode penting dalam masa perkembangan anak yang sering kita sebut sebagai masa golden age adalah masa emas pada anak-anak di awal kehidupannya yaitu pada usia 0-5 tahun.

Fase ini menjadi penting untuk diperhatikan oleh orang tua, karena pada fase ini pertumbuhan anak berkembang begitu pesat," katanya.

Sedangkan, fungsi keluarga mengambil peran yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang Anak, dimana keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama bagi perkembangan individu, yang mengambil peran sentral dan utama dalam pertumbuhan dan perkembangan anak seperti pola pengasuhan, konflik keluarga dan kualitas hubungan keluarga yang nantinya akan mempengaruhi kapasitas kesehatan dan kesejahteraan seluruh anggota keluarga.

Oleh karena itu, kata Renta, peran orangtua menjadi sangat penting, karena orangtua yang akan mengasuh, membimbing dan memberikan berbagai stimulasi agar tumbuh kembang anak berlangsung secara optimal, dengan pengasuhan yang tepat, kualitas sumber daya manusia di Indonesia akan meningkat.

Sebab, salah satu program BKKBN dalam upaya meningkatkan pemahaman dan ketrampilan orang tua dalam mendidik anak adalah dengan program Bina Keluarga Balita (BKB) sebagai layanan penyuluhan bagi orang tua dan anggota keluarga lainnya dalam mengasuh dan membina tumbuh kembang anak.

Sementara itu, Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus ini menyatakan pengembangan BKB di Pulau Taliabu merupakan salah satu bagian untuk mewujudkan Kabupaten Pulau Taliabu menuju Kabupaten layak Anak.

"Melalui BKB ini, saya mengajak seluruh Masyarakat untuk memberikan kesempatan bagi anak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi, " kata Aliong. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini