Dinas Damkar Ambon Edukasi Cegah Kebakaran untuk Anak TK

Share:

Sejumlah murid Taman Kanak-Kanak Negeri Ameth, Kecamatan Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah mengikuti mitigasi bencana kebakaran di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ambon. (7/11/2022)

satumalukuID - Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ambon melakukan edukasi mitigasi bencana kebakaran kepada Taman Kanak-kanak (TK) Negeri Ameth, Kecamatan Pulau Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah, Senin (7/11/2022).

Anak TK yang datang dari Negeri Ameth dengan didampingi para guru dan orang tua mereka, diajak menjadi pemadam kebakaran dalam sehari. Petugas tim Damkar yang berjuluk Ambon Manise itu mengajak anak-anak menaiki mobil pemadam dan cara memadamkan api.

Selain itu, mereka juga diajari untuk mewaspadai bencana kebakaran serta mengenali berbagai peralatan pemadam kebakaran yang ada di Damkar.

"Edukasi yang diberikan petugas Damkar ini dilakukan dengan cara memberikan teori secara lisan kepada anak-anak dengan memperlihatkan berbagai peralatan pemadam kebakaran hingga mobil pemadam," kata Kadis Damkar Ambon Edwin Pattikawa.

Anak-anak TK terlihar antusias saat menaiki mobil Damkar yang menggunakan tangga hidrolik dan mengangkat mereka hingga mencapai atap gedung.

"Anak-anak TK ini diajak naik ke mobil damkar yang menggunakan tangga hidrolik sebanyak tiga orang secara bergilir dengan didampingi petugas Damkar serta guru atau orang tua murid mereka," jelas Edwin.

Menurut dia, edukasi mitigasi tentang bencana kebakaran kepada sejumlah anak TK sudah jadi agenda rutin Dinas Damkar Kota Ambon.

Sejumlah orang tua anak TK ini mengakui bersedia membawa anak-anak mereka dari Kabupaten Maluku Tengah ke Kota Ambon untuk mengikuti edukasi mitigasi bencana kebakaran sebab kesempatan seperti ini sangat jarang didapatkan, termasuk saat belajar di sekolah. (Daniel Leonard/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini