Basarnas Ternate Turut Berpartisipasi di Sail Tidore

Share:

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan saat mengunjungi stan milik Basarnaa pada Sail Tidore 2022.

satumalukuID - Kantor Pencarian dan Pertolongan Badan SAR Nasional (Basarnas) Ternate, Maluku Utara (Malut), turut berpartisipasi penuh pada kegiatan Sail Tidore yang dipusatkan di Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan.

Direktur Kesiapsiagaan Basarnas, Agus Haryono dihubungi, Sabtu (26/11/2022), menyatakan Basarnas telah menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung Sail Tidore, 24-29 November 2022.

Menurut dia, pihaknya telah menyiagakan SAR Khusus dengan mengerahkan 95 personel, satu unit helikopter dhaupin AS-365 N3+ HR-3606.

Selain itu, ada dua unit kapal, KN SAR Wisnu dan KN SAR Pandudewanata, kapal cepat dan alut pendukung lainnya dalam rangka mendukung penyelenggaraan Sail Tidore 2022 yang akan dilaksanakan pada 24 hingga 29 November 2002 di perairan Pantai Tugulufa, Tidore.

Sementara itu, agenda besar nasional Sail Tidore 2022 dibuka Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifi Hasan.

Turut hadir juga dalam acara pembukaan itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian, dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dan sejumlah pejabat negara lainnya, serta wali kota dan bupati se-Malut.

Sail Tidore 2022 mengusung tema Kota Warisan Dunia Perekat Bangsa-Bangsa menjadi ajang promosi sektor pariwisata, kesenian budaya dan perekonomian di kepulauan Tidore.

Basarnas sendiri ikut berpartisipasi dengan membuka stan di Pameran Sail Tidore 2022 dalam rangka menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang keberadaan Basarnas.

Rangkaian acara pembukaan pada Sail Tidore 2022 dimulai dengan pegelaran tari tradisonal Kolosal Khas dari Provinsi Maluku Utara dilanjutkan dengan Pertunjukan Demo Sinergi Kemaritiman yaitu Pertunjukan Sailing Pass KRI dan Parade Perahu Nelayan, Pertunjukan Free Fall dan Flypass Pesawat Tempur TNI AU dan ditutup dengan Penanaman Mangrove Bersama sebagai bentuk pelestarian lingkungan dan ekosistem biota laut. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini