4.000 Pelaku Usaha di Ternate Terima Bantuan BLT UMKM Kemenkop

Share:

Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman saat menyalurkan bantuan bagi pelaku usaha di daerah ini.

satumalukuID - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Ternate, Maluku Utara menyatakan 4.000 pelaku usaha mikro yang tersebar di delapan kecamatan di Ternate akan menerima Bantuan Langsung Tunai atau BLT UMKM dari Kementerian Koperasi (Kemenkop) pada akhir tahun ini.

Kadis koperasi dan UKM Kota Ternate Hadi Hairudin di Ternate, Rabu (16/11/2022), mengatakan dari 4.000 pelaku usaha yang diberi bantuan itu jumlah terbanyak berada di sektor perdagangan dan bidang kuliner. Kemudian ada juga penerima dari bidang perindustrian seperti pertukangan, perbengkelan dan sektor lainnya. 

Dia menyatakan 4.000 pelaku usaha yang akan mendapat bantuan itu memang belum pernah menerima bantuan sehingga diusulkan untuk BLT UMKM tahun  2022 dengan besar bantuan Rp600.000 per orang. Diharapkan pada bulan Desember 2022 BLT UMKM sudah dapat cair lewat Link BRI.

"Sekarang ada ketentuan baru, dimana usaha mikro menjadi perhatian pemerintah kota Ternate, bukan berarti usaha kecil dan menengah tidak diperhatikan, karena kewenangan Pemprov Malut dalam upaya dorong usaha mikro agar bisa bangkit menjadi besar," ujarnya.

Menurut Hadi, pada tahun 2020 bantuan permodalan melalui program pemulihan ekonomi yang dicetuskan pemerintah pusat untuk memulihkan ekonomi untuk Kota Ternate tercatat diterima oleh 18.000 pelaku usaha. Masing-masing penerima bantuan mendapatkan Rp2,4 juta. 

Sehingga, total untuk Kota Ternate tercatat ada 23.000 pelaku usaha penerima bantuan Kementerian Koperasi melalui BPUM, dan besar bantuan berbeda beda. Untuk tahap pertama pada tahun 2020 sebesar Rp800 ribu per orang.

"Karena masih terdapat sebahagian yang belum mendapatkan bantuan,  sehingga diusulkan kembali dan pada tahun 2021 besar bantuan Rp1,2 juta setiap pelaku usaha," ujarnya. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini