Tim Promosi Kesehatan RSUD Haulussy Ambon Bakti Sosial Layani Lansia

Share:

Tim promosi kesehatan RSUD dr. M. Haulussy Ambon melakukan bakti sosial berupa pelayanan kesehatan gratis dan penyuluhan kepada warga lanjut usia di Negeri Tial, Kecamatan Salahutu (Pulau Ambon) Kabupaten Maluku Tengah. (26/10/2022)
Photo: HO/RSUD Haulussy Ambon/ant

satumalukuID - Tim Promosi Kesehatan RSUD dr. M. Haulussy Ambon, Maluku, menggelar kegiatan bakti sosial berupa pelayanan kesehatan gratis bagi warga lanjut usia (lansia) di Negeri Tial, Kecamatan Salahutu (Pulau Ambon) Kabupaten Maluku Tengah.

"Kami berharap lewat baksos seperti ini bisa memberikan manfaat dan mendorong masyarakat, khususnya para lansia untuk selalu memeriksakan diri di fasilitas pelayanan kesehatan," kata Direktur RSUD Haulussy, dr. Nazaruddin di Ambon, Rabu (26/10/2022).

Menurut dia, baksos pelayanan kesehatan gratis kepada para lansia ini juga bertujuan untuk mempromosikan pelayanan RSUD dr. M. Haulussy ke setiap kabupaten dan kota, termasuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat lansia di Negeri Tial.

"Selain itu juga diberikan edukasi agar lansia yang masih dalam kondisi sehat dapat meningkatkan kesehatan diri sehingga bisa lebih produktif dalam menjalani kehidupan mereka di usia senja," ujarnya.

Sementara Violend H. Wattimury selaku ketua panitia pelaksana kegiatan mengatakan baksos yang berlangsung di Balai Desa Negeri Tial ini diawali senam bersama para lansia dan dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan.

Materi penyuluhannya berupa deteksi kanker mulut oleh dokter gigi spesialis penyakit mulut dan penyuluhan tentang diabetes melitus yang disampaikan dokter spesialis penyakit dalam.

"Ahli gizi dan psikolog juga terlibat dalam kegiatan ini untuk memberikan penyuluhan tentang manajemen stres dan nutrisi pada lansia, kemudian ahli fisioterapi memberikan materi posisi duduk ergonomis, sementara Komite PPI RS menyampaikan topik kebersihan tangan cara mencuci tangan yang benar," jelas Violend.

Dalam kegiatan baksos ini juga dilakukan pelayanan kesehatan gratis kepada 120 lansia oleh dokter umum dan dokter spesialis penyakit dalam, spesialis saraf, dokter gigi spesialis penyakit mulut, spesialis telinga hidung dan tenggorokan (THT) serta dokter spesialis patologi klinis.

Kemudian para lansia menjalani pemeriksaan laboratorium untuk mengecek gula darah, asam urat serta kolesterol. (Daniel Leonard/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini