Pemerintah Kota Ternate Siapkan Rp140,2 Miliar untuk Bangun Jalan dan Jembatan

Share:

Ilustrasi - infrastruktur jalan di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut).

satumalukuID - Dinas Pekerjaan umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) sediakan anggaran Rp140,2 miliar  untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan dalam mendukung perputaran ekonomi di masyarakat.

Kadis PUPR Kota Ternate, Rus'an M.Nur Taib di Ternate, Rabu (26/10/2022), mengatakan, untuk tahun 2022 total anggaran Rp140,2 miliar terbagi atas 12 program dari 193 kegiatan yang tersebar di Kota Ternate dan tiga pulau terluar.

Ketiga pulau terluar dalam wilayah Kota Ternate membutuhkan penanganan sarana infrastruktur jalan dan jembatan seperti Pulau Batang dua, Pulau Hiri dan Pulau Moti.

"Oleh karena itu, untuk program kegiatan sampai saat ini penyerapan keuangan sudah mencapai 44,47 persen pada minggu pertama Oktober 2022, sedangkan untuk realisasi fisik sudah mencapai 56,46 persen dan sampai ini ada beberapa kegiatan lain yang sudah mencapai 100 persen," katanya.

Dia menjelaskan, kegiatan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang merupakan dua komponen yang saling berhubungan guna menunjang kelancaran arus lalu lintas dan perekonomian masyarakat saat ini menjadi fokus utama dalam pembangunan infrastruktur, terutama di kawasan pertanian di Pulau Ternate dan Ternate Barat.

Menurut Rus'an, untuk Bina Marga jalan dan jembatan ada 72 kegiatan dengan Pagu anggaran Rp42,8 miliar dan realisasi fisik Rp20 miliar dengan presentasi 52 persen.

Sedangkan untuk Cipta Karya ada 53 kegiatan dengan pagu anggaran Rp17,2 miliar dan realisasi keuangan Rp4,8 miliar dan presentasi 57,8 persen.

Untuk bidang gedung pagu anggaran Rp17,1 miliar dari 30 kegiatan dengan realisasi keuangan sudah Rp5.7 miliar dengan progres mencapai 58,17 persen.

Untuk Tata ruang dengan 38 kegiatan pagu anggaran Rp24,9 miliar dengan realisasi keuangan Rp2 miliar dan realisasi fisik 25 persen, sementara Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun ini sebesar Rp15 miliar yang diperuntukan untuk bidang Cipta Karya dan Bina Marga. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini