BPBD Ternate Gandeng Pelaku Usaha Simulasi Bencana

Share:

BPBD Kota Ternate, Malut, Selasa (11/10/2022) menggandeng komunitas pelaku usaha di Kota Ternate untuk sosialisasi dan simulasi bencana, karena daerah ini rawan terjadinya bencana.

satumalukuID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut) menggandeng komunitas pelaku usaha di Kota Ternate untuk simulasi dan sosialisasi bencana, karena daerah ini rawan terjadinya bencana.

"Kegiatan ini sebagai upaya untuk membangun kesigapan dan kesiapan masyarakat khususnya para pengunjung Mall ketika terjadi bencana alam seperti gempa bumi dan bencana alam lainnya, melalui sosialisasi yang diterima oleh para perwakilan pelaku usaha," kata Kepala BPBD Kota Ternate M. Ihsan Hamzah di Ternate, Selasa (11/10/2022).

BPBD Kota Ternate melibatkan sebanyak 50 orang pelaku usaha untuk mendapatkan sosialisasi dan simulasi bencana itu.

Ia menyatakan sosialisasi dan simulasi bencana ini untuk tingkatkan kapasitas masyarakat dunia usaha dalam menghadapi bencana di wilayah kota Ternate.

Ihsan mengatakan sosialisasi ini menghadirkan puluhan peserta perwakilan pelaku usaha dari Jatiland Mall, Muara Mall dan Hypemart bersama Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman.

"Kami memang libatkan pelaku usaha agar diberi pembekalan apa yang harus dilakukan jika terjadi bencana. Contohnya seperti para pemilik Mall atau Satpam Mall bisa mengarahkan kepada para masyarakat pengunjung cara-cara yang harus dilakukan untuk menyelamatkan diri ketika terjadi bencana sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang akan melalui berbagai tahapan pelatihan," katanya.

Ia mengakui dengan adanya sosialisasi dan simulasi bencana ini, diharapkan para pelaku usaha tersebut bisa terbentuk tim reaksi cepat masing-masing agar mengetahui apa yang harus dilakukan ketika sewaktu-waktu menghadapi bencana alam.

"Kita akan membantu semua komunitas itu untuk menyiapkan SOP mereka apa yang dilakukan. Harapannya agar para komunitas ini ada tim reaksi cepat nantinya," demikian M Ihsan Hamzah. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini