Pesparani Katolik Tingkat Nasional Lahir dari Tanah Maluku, 2 Tahun Tertunda Akibat Covid

Share:

Uskup Diosis Amboina Mgr.Senno Ngutra

satumalukuID - Disadari atau tidak, semua masyarakat Katolik di Indonesia mengakui ajang Pesparani Katolik yang saat ini sudah dipertandingkan secara nasional berawal dari Tanah Maluku. 

Bahkan, Uskup Diosis Amboina Mgr. Senno Ngutra kembali menegaskan bahwa Pesparani di Indonesia lahir dari rahim Provinsi Maluku.

Hal itu dikemukakan Uskup saat menyampaikan sambutan di pembukaan Pesparani Katolik IV Tingkat Provinsi Maluku di Kota Tual, Minggu malam (25/9/2022).

"Kita adalah ibu yang melahirkan Pesparani Nasional di Indonesia. Olehnya itu lewat Pesparani ini mari kita wujudkan toleransi persatuan dan kesatuan sehingga Indonesia maju, Provinsi Maluku maju," ungkap Uskup.

Seperti diketahui, ajang Pesparani Katolik Tingkat Nasional pertama kalinya digelar di Kota Ambon pada 27 Oktober hingga 2 November 2018.

Saat itu ribuan umat Katolik dari seluruh Indonesia tumpah ruah berdatangan di kota Ambon tampil di ajang Pesparani.

Yang mengenaskan, seharusnya pelaksanaan Pesparani Tingkat Nasional II dilaksanakan di Kota Kupang, NTT pada tahun 2020 lalu. Namun, karena Indonesia dilanda badai pandemi Covid-19, sehingga kegiatan yang menyatukan tak hanya umat Katolik ini, tertunda dan baru akan dilaksanakan pada Bulan Oktober mendatang di Kupang.  (aldi)


Share:
Komentar

Berita Terkini